Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan
Vol 6, No 1 (2021)

PERSONAL LEARNING ENVIRONMENT BERSINERGI DENGAN TEKNOLOGY PEDAGOGIC CONTEN KNOWLEDGE TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS

Siti Mayang Sari (STKIP Bina Bangsa Banda Aceh)
Bornok Sinaga (Unknown)
Retno Dwi Suyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan konsep perangkat web untuk lingkungan pribadi mahasiswa pada pembelajaran. Potensi Teknology Pedagogic Conten Knowledge adalah sebagai komponen tubuh pengetahuan yang mempengaruhi BDR (belajar dari rumah). Ruang belajar aplikasi classroom yang banyak dimanfaatkan untuk pembelajaran daring belum memiliki  memiliki fleksibilitas, sebab bersifat aplikasi pembelajaran yang umum digunakan siapa saja. Penelitian pengembangan konsep belajar ini mengacu pada lingkungan pribadi belajar peserta didik dalam mengelola belajar dengan teknologi, dan konten melalui pengetahuannya yang bersifat pribadi. Berbagai informasi yang diperoleh, konsep PLE yang dikembangkan melalui TPACK menghasilkan peserta didik yang mandiri dan melaksanakan tugas serta tanggung jawab belajarnya dengan caranya sendiri. Rancangan pembelajaran TPACK sebagai interaksi sinergi kompleks tiga tubuh pengetahuan yang dipadukan pada ranah konsep PLE. Yaitu: PLE Teknologi Conten knowledge, PLE Paedagogic Conten Knowledge , dan PLE Conten Knowledge. Interaksi pada tiga tubuh pengetahuan tersebut baik secara teoritis maupun dalam praktek, menghasilkan jenis pengetahuan fleksibel  yang diperlukan untuk penggunaan teknologi dengan sukses dalam pengajaran daring.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

EDUCATE

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, ISSN: 2527-7677, EISSN: 2614-8331 merupakan jurnal ilmiah yang terbit 2 kali dalam 1 tahun, berisi artikel dan hasil penelitian para peneliti, akademisi, dan praktisi di bidang pendidikan. Jurnal ini terbit pertama kali pada bulan Juli tahun 2016 yang ...