Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan
Vol 6, No 1 (2021)

IMPLEMENTASI PARENTING DALAM DEMOKRASI SOCIETY PROGRAM BELAJAR DARI RUMAH (BDR) SEKOLAH DASAR DRAMAGA BOGOR

Al Juska Sasni Akbar (Universitas Prof. DR. HAMKA, Indonesia)
Maman A. Majid Binfas (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2021

Abstract

Esensi Physical Distancing dengan mengalihkan pembelajaran tatap muka ke dalam sistem pembelajran daring yang mengharuskan semua komponen untuk melakukan Program Belajar dari Rumah (BDR). Program ini mesti dilakukan dengan Demokrasi Society, baik oleh pendidik maupun orang tua, tiada lain guna berkontribusi untuk mendidik anak lebih maksimal di rumah secara daring.Tujuan penelitian ini, yakni untuk mengetahui parenting dimensi kontribusi orang tua dalam mewujudkan demokrasi society peserta didik dalam Program BDR di masa New Normal Covid-19. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalamHasil peneitian ini menunjukan bahwa (1). Peran orang tua dalam Program Belajar Dari Rumah (BDR) yaitu sebagai pembimbing, pendidik, dan pengasuh dalam mengembangkan potensi serta bakat anak sesuai dengan instruksi pembelajaran guru kelas, akan tetapi fungsi tersebut dianggap kurang maksimal karena dipengaruhi oleh rendahnya latar belakang pendidikan, sibuk bekerja dan kurangnya perhatian menyebabkan anak tidak termotivasi belajar, tidak mengerjakan tugas harian dan lebih memilih bermain. (2). Demokrasi Sociaty peserta didik dalam aspek perhatian, keadilan, pembimbingan dan arahan belajar dianggap tidak terpenuhi, dibuktikan dengan banyak peserta didik yang tidak mau ditemani belajar oleh orang tua mereka karena dianggap galak, tidak sabar dan bahkan terjadi kekerasan. (3). Orang tua memiliki hambatan sarana dan prasarana terbatas terutama ketiadaan handphone 4G yang menyebabkan sarana belajar, seperti group whatapps, video pembelajaran dan quis berbasis foam antara guru, komite sekolah dan orang tua menjadi tidak efektif dan efisien.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

EDUCATE

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, ISSN: 2527-7677, EISSN: 2614-8331 merupakan jurnal ilmiah yang terbit 2 kali dalam 1 tahun, berisi artikel dan hasil penelitian para peneliti, akademisi, dan praktisi di bidang pendidikan. Jurnal ini terbit pertama kali pada bulan Juli tahun 2016 yang ...