Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 4, No 3 (2020): Oktober 2020

E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa

Dewi, Made Sri Astika (Unknown)
Putri Lestari, Nyoman Ayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan E-modul interaktif terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini menggunakan metode nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X, yang tercatat terbagi dalam 5 kelas yang berjumlah 133 siswa. Dalam penelitian ini sampel di tetapkan dari populasi dengan menggunakan Teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda dan dilengkapi dengan rubrik penilaian. Kemudian dilaksanakan perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan Independent Sample T-Test dan gain score. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa data tersebut homogen dengan hasil uji 0,503 dan signifikansi 0,481 yang jauh lebih besar dari signifikansi alpha 5%. Dengan demikian hasil uji dengan asumsi homogenitas terpenuhi adalah -2,407 dengan signifikansi 0,019. Jika ditetapkan taraf signifikansi alpha 5% maka signifikansi hasil pengujian lebih kecil dari signifikansi alpha  (0,019<0,05). Jadi, e-modul interaktif berbasis proyek berdampak positif terhadap hasil belajar siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...