Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 5, No 1 (2021): Maret 2021

Kontribusi Kepemimpinan Tranformasional Kepala Sekolah dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Guru di SD Gugus V Abiansemal Tahun Ajaran 2020/2021

Suastini, Ni Made (Unknown)
Manuaba, Ida Bagus Surya (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui besaran kontribusi kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru di SD Gugus V Abiansemal, (2) Untuk mengetahui besaran kontribusi komitmen organisasi terhadap kinerja guru di SD Gugus V Abiansemal, (3) Untuk mengetahui besaran kontribusi kepemimpinan transformasional kepala kekolah dan komitmen organisasi terhadap kinerja guru di SD Gugus V Abiansemal. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi pada penelitian ini adalah selurus guru PNS di SD Gugus V Abiansemal yang berjumlah 32 orang. Teknik pengembilan sampelnya pada penelitian ini menggunakan sampling total. Sampel dalam penelitian ini adalah terdiri dari 32 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu Guru PNS di SD Gugus V Abiansemal, ini menggunakan metode non tes serta menggunakan instrumen pengumpulan data berupa kuesioner/angket untuk variable bebas dan pencatatan dokumen untuk variabel terikat. Uji hipotesis dilakukan dengan teknik analisis regresi linier sederhana dan teknik analisis regresi linier ganda setelah uji prasyarat terpenuhi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) terdapat kontribusi yang signifikan kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru dibuktikan berdasarkan nilai rhitung =0,723 > rtabel = 0,361 dan kontribusi sebesar 52%, (2) terdapat kontribusi yang signifikan komitmen organisasi terhadap kinerja guru dibuktikan berdasarkan nilai rhitung = 0,735 > rtabel = 0,361 dan kontribusi sebesar 54%, (3) terdapat kontribusi yang sigmifikan kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan komitmen organisasi terhadap kinerja guru dibuktikan berdasarkan nilai rhitung = 31,207 > rtabel = 0,361 dan kontribusi sebesar 68%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan komitmen organisasi berkontribusi yang signifikan terhadap kinerja guru dengan demikian kedua variabel tersebut dapat dijadikan predictor terhadap kinerja guru di SD Gugus V Abiansemal.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...