Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
Vol 4, No 1 (2021): Mei 2021

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATA PELAJARAN IPA TEMA KAYANYA NEGERIKU KELAS IV SEKOLAH DASAR

Pratana, Pande Putu Rizky Ari (Unknown)
Renda, Ndara Tanggu (Unknown)
Arini, Ni Wayan (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas   perangkat pembelajaran dengan  model think pair share (TPS) pada mata pelajaran IPA tema Kayanya Negeriku kelas IV SD. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan  model think pair share (TPS) pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang berpedoman pada model pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima tahap yaitu analisis (analyze), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation), karena keterbatasan waktu serta situasi kondisi yang kurang mendukung penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan (development). Hasil analisis pengembangan perangkat pembelajaran dengan model think pair share (TPS) memperoleh hasil: validitas isi instrumen sebesar 1,00 dengan interpretasi “sangat tinggi”, reliabilitas instrumen memperoleh koefisien kepraktisan 100%, dan validasi perangkat pembelajaran dengan rata-rata 4,67 dengan interpretasi “sangat baik”. Berdasarkan hasil analisis, dapat  disimpulkan yakni validitas Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Model Think Pair Share (TPS) Pada Mata Pelajaran  IPA Tema Kayanya Negeriku Kelas IV Sekolah Dasar dinyatakan valid. Saran untuk penelitian selanjutnya dapat mengembangkan perangkat pembelajaran dengan model think pair share (TPS) ini dengan penelitian eksperimen dan dapat menerapkan pembelajaran dengan model think pair share (TPS) pada pembelajaran materi yang lainnya untuk meningkatkan peran aktif siswa dalam pembelajaran, memaksimalkan peran guru sebagai fasilitator sehingga dapat menciptakan suasana belajar yang efektif.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIPPG

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Jurnal Ilmiah ...