Journal of Secretary and Business Administration
Vol 5 No 1 (2021): Jurnal Sekretaris dan Administrasi Bisnis

TUNTUTAN PROFESIONALISME BIDANG ADMINISTRASI PERKANTORAN DI ERA DIGITAL

Arwan Nur Ramadhan (Universtias Negeri Yogyakarta)
Muhyadi Muhyadi (Universtias Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
23 Feb 2021

Abstract

Abstrak: Tuntutan Profesionalisme Bidang Administrasi Perkantoran di Era Digital. Tulisan ini berisi kajian bidang administrasi perkantoran, khususnya terkait dengan tuntutan kualifikasi dan kompetensi pengelola bidang administrasi perkantoran di era informasi yang diwarnai dengan teknologi digital. Tujuan penulisan dimaksudkan untuk memberikan gambaran tentang kemampuan yang harus dikuasai oleh pengelola bidang administrasi perkantoran di tengah perkembangan teknologi yang sangat pesat. Metode pengkajian menggunakan pendekatan induktif, dengan cara mengamati fenomena aktivitas administrasi perkantoran yang terjadi di lapangan kemudian mengkaitkan dengan teori dan berbagai pandangan yang dikemukakan para pakar bidang administrasi dan pemerhati perkembangan teknologi. Hasil kajian menyimpulkan bahwa pengelola dan pelaku pekerjaan bidang administrasi perkantoran di Indonesia dituntut menguasai kualifikasi pendidikan formal setara sarjana, kompetensi bidang administrasi perkantoran yang diperoleh melalui pendidikan formal dan nonformal, menguasai aplikasi teknologi informasi dan komunikasi yang mendukung pekerjaan administrasi perkantoran, memiliki kompetensi berupa soft skills sebagai pendukung keberhasilan penerapan prinsip-prinsip administrasi perkantoran, dan melakukan pengembangan diri secara terus menerus sesuai dengan perkembangan teknologi dan harapan masyarakat pengguna jasa administrasi perkantoran. Kata kunci: administrasi perkantoran, profesionalime

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jsab

Publisher

Subject

Arts Humanities Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

The history of the Journal Journal of Secretary and Business Administration (Henceforth JSAB) is established in June 2017. It is created as a medium for practitioners, lecturers, and researchers interested in studying the disciplines of secretary and business administration, both in theory and ...