Edumaspul: Jurnal Pendidikan
Vol 5 No 1 (2021): Edumaspul: Jurnal Pendidikan

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa antara Model Problem Based Learning (PBL) dengan Model Think Pair Share (TPS) Berbantu Autograph

Perihandi Andi (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan)
Suwarno Ariswoyo (Unknown)
Abdul Mujib (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika yang diajar dengan model pembelajaran PBL dan model pembelajaran TPS berbantuan Autograph. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX-1 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas IX-3 sebagai kelas eksperimen 2 di MTs Negeri 6 Mandailing Natal yang masing- masing berjumlah 32 siswa. Pemilihan sampel penelitian ditentukan dengan cara acak. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data terdiri dari tes kemampuan pemecahan masalah, kemampuan awal matematika siswa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis antara model Problem Based Learning (PBL) dengan model Think Pair share (TPS) berbantuan Autograph yaitu kelas eksperimen 1 dan 2 yaitu 0,22 dan 0,17 sehingga model Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dibandingkan dengan model Think Pair Share (TPS) berbantuan Autograph. Untuk faktor pembelajaran dan KAM, diperoleh nilai probabilitas (sig) sebesar 0,645. nilai (sig) lebih besar dari 0,05 (0,645 > 0,05) maka H0 diterima dan Ha ditolak sehingga tidak terdapat interaksi antara pembelajaran KAM terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Dari hasil penelitian tersebut menunjukan terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis antara model Problem Based Learning (PBL) dengan model Think Pair share (TPS) berbantuan Autograph.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

maspuljr

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Edumaspul: Jurnal Pendidikan is first published in March 2017 and covers much research in all levels of education (primary, secondary, and higher education). Edumaspul: Jurnal Pendidikan become a CrossRef Member since the year 2019. Therefore, all articles published will have a unique DOI number. ...