Edumaspul: Jurnal Pendidikan
Vol 5 No 1 (2021): Edumaspul: Jurnal Pendidikan

Analisis Respon Pengguna Terhadap Penerapan Web-based Assessment pada Praktikum Fisika Dasar

Febrina Rosa Winda (Universitas Jambi)
Wawan Kurniawan (Universitas Jambi)
Darmaji Darmaji (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon pengguna terhadap penerapan e-assessment berbasis web untuk melakukan penilaian penguasaan keterampilan proses sains pada praktikum Fisika Dasar I materi kerapatan. Penelitian ini menggunakan metode mixed method desain explanatory dengan data kuantitatif dianalisis dengan statistik deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket respon pengguna dan lembar wawancara. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah asisten laboratorium fisika dasar yang melakukan penilaian keterampilan proses sains praktikan saat melakukan praktikum fisika dasar. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rerata respon pengguna sebesar 3,36 yang berada di kategori SB (Sangat Baik) terhadap penerapan e-assessment dengan kelebihan e-assessment yang terletak pada efisiensi waktu dalam olah data dan pendistribusian data, hemat biaya pengadaan, dan kemudahan dalam penggunaan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

maspuljr

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Edumaspul: Jurnal Pendidikan is first published in March 2017 and covers much research in all levels of education (primary, secondary, and higher education). Edumaspul: Jurnal Pendidikan become a CrossRef Member since the year 2019. Therefore, all articles published will have a unique DOI number. ...