Jurnal Ilmiah Sangkareang Mataram
Vol. 5 No. 3 (2019): September 2019

PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED

Bq Malikah Hr (Fakultas Teknik Universitas Nusa Tenggara Barat)
Musmiratul Uyun (Fakultas Teknik Universitas Nusa Tenggara Barat)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan literasi matematikasiswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimental semu (quasi-eksperimental) dengan onegroup pretest-posttest design. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Masbagik Lombok Timur. Penelitian dilaksanakan dari bulan April sampai dengan Juli 2019. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIPA 3 yang terdiri dari 34 siswa. Data dari hasil penelitian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dengan uji hipotesis yaitu paired sampel t-test. Dari uji hipotesis penelitian, dihasilkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan literasi matematika siswa sebelum dan setelah penerapanmodel pembelajaran learning cycle dengan pendekatan open-ended. Berdasarkan rerata marginal dari hasil tes kemampuan literasi matematika siswa, diperoleh rerata pretest yaitu 40,24 dan rerata posttest yaitu 67,65. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran learning cycle dengan pendekatan open-ended dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

SANGKAREANG

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Economics, Econometrics & Finance Education Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Sangkareang Mataram merupakan jurnal resmi yang memuat artikel ilmiah dari berbagai disiplin keilmuan (bunga rampai) seperti Kesehatan, Kedokteran Hewan, Seni, Teknologi, Teknik, Ekonomi, Kehutanan, Kependidikan dan lain ...