JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 1 (2021): 2021

Ruang Lingkup Perkembangan Emosi Siswa Sekolah Dasar

Hairani, Sunita (Unknown)
Neviyarni, Neviyarni (Unknown)
Irdamurni, Irdamurni (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2021

Abstract

Perkembangan emosi siswa sekolah dasar perlu diketahui oleh guru agar dapat dikelolanya emosi siswa menuju yang lebih terarah. Oleh sebab itu perlunya pemahaman lebih kanjut mengenai perkembangan emosi siswa. Tujuan penulisan artikel ini adalah mengkaji ruang lingkup perkembangan emosi siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian studi literatur yang mengkaji sebanyak 27 jurnal yang berhubungan dengan karakteristik perkembangan sosial siswa sekolah dasar. Hasil pengkajian tersebut dijadikan sebagai referensi untuk menemukan karakteristik perkembangan sosial siswa sekolah dasar. Siswa yang memiliki perkembangan emosi yang baik maka akan berdampak kepada kualitas pembelajaran yang dilaksanakan disekolah dasar. Hal ini dikarenakan perkembangan emosi dapat memperdalam dan memperluas wawasan siswa. Selain itu emosi juga dapat mempengaruhi keseimbangan tubuh siswa sehingga siswa menjadi aktif. Karakteristik perkembangan emosi siswa sekolah dasar adalah siswa sudah mampu memahami aturan dan nilai yang berdampak kepada diri sendiri dan lingkunganya. Dalam perkembangan emosi siswa, siswa akan mengeluarkan bentuk ekpresi emosi seperti rasa malu, rasa takut, rasa cemas, rasa khawatir, rasa duka, rasa sedih, rasa ingin tahu dan lain sebagainya yang merupakan bentuk pengkodean diri agar mudah dipahami.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...