Indonesian Journal of Adult and Community Education (IJACE)
Vol 1, No 2 (2019)

PEMBERDAYAAN ALUMNI DALAM KERANGKA OTONOMI NONAKADEMIK PADA PERGURUAN TINGGI NEGERI BADAN HUKUM

Sahroni, Sahroni (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Artikel ini ditulis berdasarkan pengalaman penulis mengikuti pertemuan-pertemuan PTN bh sejak tahun 2016 sampai dengan 2019 yang membahas berbagai masalah otonomi akademik dan nonakademik. Tujuannya melihat lebih dalam fenomena sosial tentang bentuk dan tingkat  partisipasi alumni dalam kerangka otonomi nonakademik pada PTN bh. Data keterlibatan alumni dalam pengelolaan di bidang nonakademik yang dikumpulkan dari 11 PTN bh dikaji berdasarkan teori ketergantungan dan konsep pemberdayaan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa tingkat otonomi di bidang pengelolaan nonakademik pada PTN bh masih rendah yang kecenderunagnnya disebabkan oleh masih adanya peraturan perundang-undangan yang bersinggungan dan tumpang tindih. Kesimpulannya Pemberdayaan alumni dalam kerangka otonomi PTN bh yang bertujuan untuk keberhasilan pengelolaan di bidang nonakademik dalam mewujudkan Perguruan Tinggi yang bermutu Dilaksanakan dengan cara membuka ruang bagi alumni untuk aktif dalam organisasi dan kepemimpinan,  akatif dalam ketenagaan, aktif memberikan dana/fasilitas secara sukarela, memfasilitasi kegiatan, mengembangkan jejaring, alumni yang merespon survey dan mengunjungi website, dan datang menghadiri kegiatan Perguruan Tinggi

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

IJACE

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Indonesian Journal of Adult and Community Education (IJACE) is an open access and peer-reviewed journal, published by Department Community Education, Faculty of Education Universitas Pendidikan Indonesia. This Journal collaborative with Indonesian Community Education Association (APENMASI) which is ...