Penelitiani ini bertujuan mengkaji perkembangan bahasa, emosi, dan sosial anak usia Sekolah Dasar. Jenis eksploras yang dipakai di penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research) dengan pendekatan eksplorasi subjektif. Metode pengumpulan informasi dalam eksplorasi ini adalah studi dokumentasi, khususnya prosedur pengumpulan informasi dengan menyelidiki substansi laporan yang diidentifikasi dengan masalah yang sedang diteliti. Sumber data Pemeriksaan dilakukan dengan membandingkan dan menggabungkan arsip dengan menyusun hasil laporan yang efisien. Penemuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kemajuan pesat anak-anak di usia sekolah dasar adalah bahasa, gairah, dan pergantian peristiwa sosial. Peningkatan ini bukanlah sesuatu yang sangat mirip dimulai dengan satu anak muda lalu ke anak berikutnya. Banyak komponen yang dapat mempengaruhi pergantian peristiwa ini, mengingat faktor iklim keluarga dan iklim sekolah. Dengan ditelaahnya perbaikan ini cenderung dimanfaatkan sebagai sumber perspektif bagi instruktur untuk melakukan pembelajaran di sekolah dan melihat permasalahan yangi terjadi di sekolah. Oleh karena itu, ini sangat mungkin menjadi jawaban bagi pendidik untuk mengatasi masalah dalam pembelajaran dan kemajuan anak
Copyrights © 2021