Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5 No 2 (2021): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika: Volume 5 Nomor 2, In press

Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Pada Penerapan E-Learning Berbasis Google Classroom

Lestari Hernawati (Program Studi Matematika, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.HAMKA)
Trisna Roy Pradipta (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dalam menyelesaikan masalah matriks pada penerapan e-learning berbasis google classroom. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini mendeskriptifkan kemampuan pemahaman konsep matematis yang dimiliki peserta didik dalam proses pembelajaran matematika dengan bantuan google classroom. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X Akuntansi di SMKN 1 Tambun Utara sebanyak 30 peserta didik pada masa covid-19 saat ini. Pengumpulan data yang digunakan berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematika dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep peserta didik berbasis google classroom mampu memberikan pemahaman yang lebih terhadap materi matriks, ditunjukkan pada kemampuan tingkat tinggi dengan hasil presentase 67%, untuk lebih memperkuat hasil akan diambil sampel yaitu 6 peserta didik untuk melakukan wawancara dengan berbagai tingkat kemampuan. Namun demikian, peserta didik menunjukkan respon positif terhadap media pembelajaran google classroom.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...