Urban and Regional Studies Journal
Vol. 1 No. 1 (2018): Urban and Regional Studies of Journal, Desember 2018

Interaksi Keruangan Kawasan Perkotaan Tanete dan Implikasinya Terhadap Pelayanan Transportasi

Arnisa Mustafa (Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Program Pascasarjana Universitas Bosowa)
Murshal Manaf (Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Program Pascasarjana Universitas Bosowa)
Agus Salim (Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Program Pascasarjana Universitas Bosowa)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2019

Abstract

Fungsi pelayanan kegiatan dikawasan Perkotaan Tanete telah menunjukkan pembentukan sistim pusat pelayanan kawasan yang perlu dikaji dan implikasinya terhadap sistim interaksi ruang dan system transportasi yang terjadi di dalamnya. Bagaimana Interaksi keruangan kawasan perkotaan Tanete terhadap daerah sekitarnya dan bagaimana implikasinya terhadap kinerja pelayanan transportasi. Tujuan Penelitian untuk mengetahui bagaimana Interaksi keruangan berupa perpindahan manusia dan barang yang terjadi di kawasan perkotaan Tanete terhadap daerah sekitarnya dan implikasinya terhadap pelayanan transportasi. Metode penelitian menggunakan analisis kuantitatif dan analisis lalu lintas dengan pengolahan data yaitu primer dan sekunder. Jenis penelitiannya adalah Deskriptif Kuantitatif. Penelitian deskriptif adalah penelitian yang bersifat mendeskripsikan atau menggambarkan suatu hal maupun kondisi yang spesifik dari suatu kajian maupun objek tertentu yang dalam penelitian ini digali terkait Interaksi keruangan kawasan perkotaan Tanete dan Implikasinya terhadap Kinerja Pelayanan Transportasi. Kesimpulannya karakteristik interaksi keruangan di kawasan perkotaan tanete sesuai dengan Teori yang menyatakan bahwa interaksi keruangan merupakan wujud dari hubungan antara tempat yang satu dengan lainnya melalui arus pergerakan yang berupa migrasi,komunikasi dan transportasi. Semakin banyak arus pergerakan yang terjadi, maka semakin banyak pula interaksi yang terjadi, dominan alasan pergerakan pada umumnya adalah alasan ekonomi. dan ketiga Sesuai dengan teori yang menyatakan "Interaksi berkurang apabila jauh dari pusat, dan sebaliknya akan bertambah bila semakin dekat dengan pusat".

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ursj

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Engineering Environmental Science Social Sciences Transportation

Description

Urban and Regional Studies Journal menerbitkan artikel yang pada bidang perencanaan pengembangan wilayah, perencanaan kota, perkotaan, infrastruktur, transportasi, dan kawasan ...