Jurnal Biology Education
Vol 6, No 2 (2018): Jurnal Biology Education

PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR HIPOTETIKAL-DEDUKTIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI SMAN DAN MAN DI KOTA BANDA ACEH

WInda Yursila (Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Bumi Persada Lhoksumawe)
Muhammad Ali (Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unsyiah)
Ismul Huda (Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unsyiah)



Article Info

Publish Date
12 May 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran siklus belajar hipotetikal-deduktif dengan model siklus belajar. Pengambilan data dilakukan pada Maret 2017. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan pada tiga sekolah yaitu SMA Negeri 7, SMA Negeri 2 dan MA Negeri 3 Banda Aceh yang terdiri atas enam kelas yang berjumlah 126 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket motivasi untuk melihat motivasi belajar siswa. Analisis data menggunakan uji parametrik independent sample t-tes dan uji non parametrik Mann-Whitney U dengan pada taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian terhadap motivasi belajar siswa adalah sig. (2-tailed) 0,012 0,05. Kesimpulan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang lebih baik pada motivasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan siklus belajar hipotetikal-deduktif daripada yang diajarkan hanya dengan model siklus belajar. Kata Kunci: Siklus Belajar Hipotetikal-Deduktif, Motivasi Belajar

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jurnal-biologi

Publisher

Subject

Education Immunology & microbiology Social Sciences Other

Description

Jurnal Biology Education (Sarana Informasi Insan Akademis, Ilmiah dan profesional) p-ISSN: 2302-416X, e-ISSN: 2549-2330, dikelola oleh Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Serambi Mekkah. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, pada bulan April dan ...