Jurnal Biology Education
Vol 8, No 1 (2020): Edisi Maret 2020

TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) SEBAGAI MODEL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA

Syifa Saputra (Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Almuslim Bireuen)
Khairul Khairul (Program Studi Pendidikan Biologi, STKIP Bina Bangsa Meulaboh)
Azwir Azwir (Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh)
Kamalliansyah Walil (Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2020

Abstract

Penerapan model pembelajaran team accelerated instruction (TAI) dimaksudkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, aktvitas guru serta respon siswa pada materi sistem gerak manusia. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas melalui perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Peusangan pada siswa kelas VIII/2 yang berjumlah 22 orang siswa. Data yang didapatkan berupa hasil tes belajar siswa, hasil observasi, dan hasil catatan lapangan. Hasil tes siklus I belum tuntas didapatkan oleh siswa karena hasil yang dicapai siswa 69,7%. Hasil tes siklus II skor yang dikumpulkan oleh siswa mencapa 87,9%. Membuktikan bahwa pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan sudah baik dan secara umum tuntas. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem gerak pada manusia.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jurnal-biologi

Publisher

Subject

Education Immunology & microbiology Social Sciences Other

Description

Jurnal Biology Education (Sarana Informasi Insan Akademis, Ilmiah dan profesional) p-ISSN: 2302-416X, e-ISSN: 2549-2330, dikelola oleh Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Serambi Mekkah. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, pada bulan April dan ...