Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (JPTS)
Vol 3, No 1 (2021): Juni

Tanggapan Dunia Industri Terhadap Soft Skills dan Hard Skills dalam Pelaksanaan Praktik Kerja Industri Siswa DPIB SMKN 2 Garut

Winda Darmayanti (Universitas Pendidikan Indonesia)
Nandan Supriatna (Universitas Pendidikan Indonesia)
Siti Nurasiyah (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2021

Abstract

Berkualitas atau tidaknya mutu pendidikan SMK yang ada di Indonesia sangat dipengaruhi oleh sistem pendidikan yang diterapkan oleh pemerintahan Indonesia saat ini. Pendidikan Sistem Ganda merupakan sistem pendidikan yang menerapkan teknik pendidikan di sekolah dan di dunia industri. Salah satu program dari pendidikan sistem ganda yaitu Praktik Kerja Industri. Dengan melihat penilaian dunia usaha dan dunia industri terhadap kinerja siswa praktikan selama masa praktik kerja industri (prakerin) itu salah satu upaya dalam mengembangkan kualitas sumber daya manusia. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui tanggapan dunia industri dalam pelaksanaan praktik kerja industri siswa DPIB SMKN 2 Garut ditinjau dari aspek soft skills dan (2) untuk mengetahui tanggapan dunia industri dalam pelaksanaan praktik kerja industri siswa DPIB SMKN 2 Garut ditinjau dari aspek hard skills. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengambilan data melalui kuesioner. Penyebaran kuesioner dilakukan kepada pembimbing atau pendamping siswa prakerin di tiap perusahaan yang telah bekerja sama dengan Program Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) sebanyak 28 perusahaan, maka teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Berdasarkan hasil temuan dan pembahasan secara keseluruhan dunia industri menanggapi kemampuan siswa DPIB pada soft skills yaitu baik sedangkan hard skills kurang baik dalam pelaksanaan prakerin, karena ada hal-hal yang belum tercapai dengan maksimal pada tiap indikatornya. Pihak sekolah dapat meningkatkan semua aspek pengembangan pembelajaran siswa SMK, dengan begitu tentu akan meningkatkan kualitas kompetensi siswa sehingga dapat memenuhi kriteria sumber daya manusia yang dibutuhkan oleh dunia industri.The Industry's Response to Soft Skills and Hard Skills in the Implementation of Industrial Work Practices for Students of DPIB SMKN 2 GarutAbstractThe quality or not of the quality of SMKN in Indonesia is greatly influenced by the education system implemented by the current Indonesian government. Dual System Education is an education system that applies education techniques in schools and in the industrial world. One of the dual system education programs is Industrial Work Practices. By looking at the assessment of the business world and the industrial world of student performance during the period of industrial work practice it is one of the efforts in developing the quality of human resources. Therefore, this study aims to (1) find out the responses of the industrial world in the implementation of industrial work practices of DPIB SMKN 2 Garut students in terms of soft skills; and (2) to determine the response of the industrial world in the implementation of industrial work practices of DPIB SMKN 2 Garut students in terms of hard skills. The method used in this research is quantitative descriptive with data collection techniques through questionnaires. Questionnaires were distributed to mentors or mentors of students in the industry in each company that had collaborated with the 28 Model Building Design and Information Skills Program (DPIB), so the sampling technique in this study used saturated sampling technique. Based on the findings and discussion as a whole the industrial world responds to soft skills and hard skills possessed by DPIB students both in the implementation of internship. But there are things that have not been achieved to the maximum on each indicator of soft skills and hard skills. The school can improve all aspects of the development of vocational student learning, thereby increasing the quality of student competence so that it can meet the human resource requirements needed by the industrial world.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpts

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

JPTS (Journal of Civil Engineering Education) is a journal of research results and scientific studies in the field of Engineering or Vocational/Civil Vocational Education. The Civil Engineering Education Journal is published twice a year, every June and November. Journal of Civil Engineering ...