Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (JPTS)
Vol 2, No 2 (2020): November

KESIAPAN DAN STRATEGI SMK DALAM MENYELENGGARAKAN PEMBELAJARAN ONLINE: STUDI KASUS DI SMK NEGERI MAGELANG

Aditya Priantara (Unknown)
Nuzulul Alifin Nur (Unknown)
Satoto Endar Nayono (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesiapan sekolah dalam menyelenggarakan pembelajaran online berdasarkan sumber kesiapan sekolah: menurut guru, siswa, dan teknisi dengan melihat faktor-faktor yang memengaruhi kesiapan pembelajaran online di SMK Negeri 1 Magelang serta mengetahui strategi pembelajaran online untuk memperbaiki kesiapan yang didapat. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang menggunakan metode pengumpulan data dengan cara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner untuk mendapatkan data kuantitatif dan menggunakan teknik wawancara dan observasi untuk mendapatkan data kualitatif. Sumber data yang menjadi subjek penelitian ini berjumlah 30 guru, 30 siswa program keahlian KGSP, dan 10 orang teknisi untuk mendapatkan data secara kuantitatif, kemudian 1 wakil kepala sekolah bidang kurikulum untuk mendapatkan data kualitatif. Teknik pengambilan data sampel siswa dan guru dari penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling kemudian teknik pengambilan data sampel teknisi dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum dari penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Hasil penelitian ini dilihat dari segmen kesiapan sekolah menurut guru didapatkan skor 3,2 yang berarti siap, segmen kesiapan sekolah menurut siswa didapatkan skor 3,01 yang berarti siap, dan segmen kesiapan sekolah menurut teknisi didapatkan skor 3,81 yang berarti sangat siap. Dari hasil wawancara didapatkan hasil bahwa faktor kesiapan guru, kesiapan siswa, faktor infrastruktur, faktor manajemen sekolah, dan faktor budaya sekolah dikategorikan siap dan membutuhkan beberapa strategi seperti mengadakan suatu pelatihan kepada guru maupun siswa. Di samping itu, dari segi kecenderungan tatap muka dibutuhkan banyak perubahan dan strategi dalam pembelajaran, terutama mengurangi jam tatap muka dan berani untuk menggunakan pembelajaran online. Maka dari itu jika keenam faktor tersebut berada kategori yang siap pembelajaran online akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpts

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

JPTS (Journal of Civil Engineering Education) is a journal of research results and scientific studies in the field of Engineering or Vocational/Civil Vocational Education. The Civil Engineering Education Journal is published twice a year, every June and November. Journal of Civil Engineering ...