Bio-Inoved : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan
Vol 1, No 2 (2019): December 2019

Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa SMA di Kawasan Pesisir, Kalimantan Selatan

Irwandi Irwandi (Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan)
Hery Fajeriadi (Program Studi Magister Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2020

Abstract

Lingkungan dapat digunakan sebagai sumber belajar langsung. Proses pembelajaran yang mempertemukan siswa dengan objek yang dipelajari dapat meningkatkan produktivitas belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan minat dan hasil belajar siswa dengan memanfaatkan potensi lingkungan sebagai sumber belajar. Pembelajaran dilaksanakan dengan pendekatan saintifik di lingkungan pesisir. Data minat belajar siswa dianalisis secara deskriptif dari angket observasi respon siswa sebanyak 5 orang dari masing-masing sekolah. Peningkatan hasil belajar siswa dianalisis berdasarkan hasil hitung N-gain skor evaluasi. Respon siswa di sekolah A memperoleh skor persentase 85,5% (positif) dan sekolah B memperoleh skor persentase 87,5% (positif). N-gain peningkatan hasil belajar kognitif siswa di sekolah A adalah 0,42 (sedang) dan siswa di sekolah B adalah 0,79 (tinggi). Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar mampu meningkatkan minat dan hasil belajar kognitif siswa SMA.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

bino

Publisher

Subject

Education

Description

Bio-Inoved: The Journal of Biology-Educational Innovation [p-ISSN 2684-9062] publishes scientific articles on the results of biology education research and innovations (Focus and Scope). Articles are written by following the manuscript writing rules (Author Guidelines). This journal is published ...