Bio-Inoved : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan
Vol 1, No 2 (2019): December 2019

Meningkatkan Kemampuan Analisis dan Komunikasi Siswa Homeschooling melalui Implementasi CIRC pada Materi Sistem Ekskresi

Nurul Hidayati Utami (Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Lambung Mangkurat, Jalan Brig. H. Hasan Basry, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2020

Abstract

Sekolah dengan sistem homeschooling membantu siswa meraih akademik dan interaksi sosial. Implementasi pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan berpikir analisis dan komunikasi setiap siswa, Salah satu cara yang tepat untuk menerapkan CIRC. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan analisis dan komunikasi siswa kelas XI Homeschooling. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek adalah siswa homeschooling. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator kemampuan untuk menganalisis dan berkomunikasi dikembangkan. Hasil penelitian adalah 1) Model CIRC dapat meningkatkan keterampilan analitis siswa di kelas XI IPA. Rata-rata siklus 1 adalah 71 dan siklus 2 adalah 76,83, tetapi hanya satu siswa yang dikategorikan lulus sesuai dengan standar yang ditetapkan. 2) keterampilan komunikasi dikategorikan baik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

bino

Publisher

Subject

Education

Description

Bio-Inoved: The Journal of Biology-Educational Innovation [p-ISSN 2684-9062] publishes scientific articles on the results of biology education research and innovations (Focus and Scope). Articles are written by following the manuscript writing rules (Author Guidelines). This journal is published ...