Jurnal Ilmiah Administrasita'
Vol. 8 No. 1 (2017): Edisi Juni

KUALITAS INFORMASI PADA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM PELAYANAN JAMINAN KESEHATAN

Sukarno Hatta (Universitas Muhammadiyah Sinjai)
Sulaiman Asang (Universitas Hasanuddin)
Hasniati (Universitas Hasanuddin)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2017

Abstract

Pada era globalisasi saat ini, sistem informasi manajemen berbasis tehnologi sangat dibutuhkan sebuah institusi, terkhusus dalam hal peningkatan aliran informasi, kecepatan pelayanan serta kepuasan pelanggang. Penelitian ini bertujuan: 1) memperoleh gambaran tentang kualitas informasi pada SIM RS di RSUD kabupaten Sinjai dengan melihat 9 indikator kualitas informasi dari SIM yang ada; 2) mengkaji penggunaan output serta laporan SIM RS serta pemanfaatannya bagi pimpinan dan pihak manajemen.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus, dengan metode kualitatif dan observasi langsung. Penelitian ini menggunakan 33 orang responden/informan. Pengambilan data melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi SIM RS di RSUD Kabupaten Sinjai dalam tataran praktisnya digunakan untuk billing sistem atau transaksi pembayaran dan pendaftaran pasien. Kualitas data/informasi yang dihasilkan belum sepenuhnya dengan melihat dari 9 indikator berupa relevancy, accuracy, completenes, time lines, reliability, accessibility, understandable, currency, security.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

administrasita

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Administrasita berfokus pada permasalahan utama dalam pengembangan ilmu administrasi publik yang ruang lingkupnya dikhususnya pada Pengembangan Administrasi, Manajemen dan Kebijakan Publik, Perencanaan Pembangunan, , Manajemen Pelayanan, Organisasi Publik, Pengembangan Sumber Daya ...