cover
Contact Name
Zulkfili Arifin
Contact Email
jurnal97@gmail.com
Phone
+6281342000654
Journal Mail Official
iccunkarifin@gmail.com
Editorial Address
Jl. Teuku Umar No. 8 Kel. Biringer Kec. Sinjai Utara
Location
Kab. sinjai,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Administrasita'
ISSN : 23017058     EISSN : 27981843     DOI : https://doi.org/10.47030/administrasita
Core Subject : Social,
Jurnal Ilmiah Administrasita berfokus pada permasalahan utama dalam pengembangan ilmu administrasi publik yang ruang lingkupnya dikhususnya pada Pengembangan Administrasi, Manajemen dan Kebijakan Publik, Perencanaan Pembangunan, , Manajemen Pelayanan, Organisasi Publik, Pengembangan Sumber Daya Manusia, Desentralisasi dan Otonomi Daerah, Kepemimpinan, Inovasi Sektor Publik, otonomi daerah, dan birokrasi Pemerintahan, aparatur negara, desentralisasi dan E-Government.
Articles 147 Documents
ANALISIS IMPLEMENTASI SISTEM MANAJEMEN DALAM PEMBANGUNAN DI KELURAHAN TOLO SELATAN KECAMATAN KELARA KABUPATEN JENEPONTO Akhamad Akhmad
Jurnal Ilmiah Administrasita' Vol. 11 No. 2 (2020): Edisi Desember
Publisher : Program Studi Administrasi Publik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47030/administrasita.v11i2.31

Abstract

Bagi pemerintah Kelurahan Tolo selatan Kecamatan Kelara Kabupaten Jeneponto, ukuran keberhasilan pelaksanaan tugas adalah bagaimana memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada masyarakat dalam bidang pemerintahan, pembangunan dan sosial kemasyarakatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan pendekatan dsekriftif. Adapun populasi dan sampel yaitu seluruh jumlah populasi seluruh pegawai yang ada pada Kelurahan Tolo selatan Kecamatan Kelara Kabupaten Jeneponto. sampel dalam penelitian ini seluruh Perangkat Pemerintah Kelurahan Tolo selatan Kecamatan Kelara Kabupaten Jeneponto. Hasil penelitian menunjukan bahwa Perencanaan pembangunan kelurahan di Kelurahan Tolo selatan Kabupaten Jeneponto dilakukan secara sistem botton up planning melalui pertemuan ­pertemuan pada tingkat kelurahan dengan menerapkan perencanaan partisipatif masyaakat kelurahan, dan hasil perencanaan tersebut kemudian diusulkan ke pemerintah tingkat atasnya, Kabupaten, Propinsi dan Pemerintah Pusat. Pelaksanaan pembangunan kelurahan berjalan sesuai dengan rencana yang telah disetujui bersama dengan masyarakat kelurahan, dan pelaksanaan pembangunan kelurahan, terutama ditujukan kepada tiga aspek yaitu pembangunan bidang prasarana dan sarana jalan, pembangunan perekonomian dan pembangunan bidang sosial. Dan hasil pelaksanaan pembangunan tersebut hanya mampu berjalan sekitar 50 % dari rencana yang diusulkan. Pelaksana proyek pembangunan kelurahan tersebut melalui Cabang Dinas Otonom dan Departemen yang ada di Kecamatan.
IMPLEMENTASI PENGAWASAN DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN KERJA PADA DINAS PERTANIAN TANAMAN PANGAN DAN HOLTIKULTURA KABUPATEN MAMASA Rudi Santoso
Jurnal Ilmiah Administrasita' Vol. 11 No. 2 (2020): Edisi Desember
Publisher : Program Studi Administrasi Publik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47030/administrasita.v11i2.32

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi pengawasan Dalam meningkatkan disiplin kerja pegawai Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura kabupaten Mamasa. Dan juga Untuk mengetahui faktor-faktor apa yang berpengaruh terhadap Implementasipengawasan Dalam meningkatkan disiplin kerja pegawai di Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura kabupaten Mamasa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Implementasi pengawasan sangat penting Dalam meningkatkan disiplin kerja pegawai khususnya pengawasan melekat dan pengawasan fungsional. Implementasipengawasan di Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura KabupatenMamasa masih dalam kategori sedang karena masih rendahnya tingkat kedisiplinan pegawai yang ada sehingga sering ditemukan pelanggaran-pelanggaran dalam Implementasitugas karena mengingat sanksi atau tingkat hukuman yang dilakukan pimpinan adalah tingkat hukuman disiplin ringan yaitu berupa teguran lisan, tertulis, dan pernyataan tidak puas secara tertulis Usaha yang dilakukan pimpinan di Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura KabupatenMamasa dalam membudayakan pengawasan sangat tergantung pada faktor manusia dan faktor budaya. Faktor manusia merupakan faktor sentral yang menjalankan suatu organisasi dan faktor budaya yang dapat mempengaruhi kepribadian manusia (pegawai).
HUBUNGAN KINERJA PELAYANAN PUBLIK TERHADAP INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT Subhan Jaya; Aras Solong
Jurnal Ilmiah Administrasita' Vol. 11 No. 2 (2020): Edisi Desember
Publisher : Program Studi Administrasi Publik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47030/administrasita.v11i2.33

Abstract

Penelitian ini berjudul Hubungan Kinerja Pelayanan PublikTerhadap Indeks Kepuasan Masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat hubungan secara positif dan signifikan antara kinerja pelayanan publik dengan indeks kepuasan masyarakat. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif yaitu penelitian ini memiliki tujuan sebagai penumpulan data atau bahan konkret terperinci kemudian akandilihat apakah terdapat hubungan antara kinerja pelayanan publik dengan Indeks Kepuasan Masyarakat. Metode pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif merupakan perhitungan yang dipakai saat meneliti melalui pengukuran parameter terhadap variabel yang diteliti hingga didapatkan representasi antara masing – masing variabel yang hendak diteliti. Hubungan kinerja pelayanan publik dengan Indeks Kepuasan Masyarakat yakni memiliki hubungan yang kuat. Dimana dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis penelitian dengan menggunakan analisis korelasi pearson atau korelasi product moment dan didapatkan hasil bahwa nilai pearson correlation sebesar 0,756 dan berada diantara interval nilai koefisien 0,60–0,799 dengan demikian dapat di interpretasikan bahwa terdapat hubungan yang kuat antar kinerja pelayanan publik dengan indeks kepuasan masyarakat. Hubungan secara positif dan signifikan ini dijelaskan berdasarkan pada nilai hasil uji t variabel kinerja pelayanan publik yaitu nilai thitung 11,119 yaitu > nilai ttabel 1,98397. Sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. dan dapat ditarik kesimpulan bahwa variabel kinerja pelayanan publik memiliki hubungan secara positif dan signifikan dengan variabel indeks kepuasan masyarakat
ANALISIS PERAN HUMAS PT. PLN PERSERO UP3 GORONTALO DALAMSOSIALISASI PROGRAM EDUKASI EKSTERNAL KESEHATAN DAN KESELAMATANKERJADI WILAYAH KOTA GORONTALO Minarni Tolapa
Jurnal Ilmiah Administrasita' Vol. 11 No. 2 (2020): Edisi Desember
Publisher : Program Studi Administrasi Publik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47030/administrasita.v11i2.34

Abstract

Humas merupakan salah satu bagian penting yang berfungsi sebagai frontline dari lembaga atau organisasi dalam membangun hubungan serta komunikasi dan penyebarluasan informasi kepada publik. Humas sebagai representasi lembaga atau perusahaan memiliki tanggung jawab dalam membekali pengetahuan kepada publik dalam hal ini masyarakat mengenai pentingnya kesehatan dan keselamatan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa peran Humas PT. PLN Persero UP3 Gorontalo dalam mengsosialisasikan Program Edukasi Eksternal Kesehatan dan Keselamatan Kerja kepada masyarakat di wilayah Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. dengan teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari tahapan data collection, data reduction, data display dan conclusion/drawing verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Humas berperan penting sebagai penasehat ahli, fasilitator komunikasi, fasilitator pemecahan masalah dan teknisi komunikasi dalam sosialisasi program edukasi eksternal kesehatan dan keeselamatan kerja kepada masyarakat.
PERAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PEMBINAAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI KELURAHAN ALEHANUAE KECAMATAN SINJAI UTARA KABUPATEN SINJAI Muhlis Hajar Adiputra
Jurnal Ilmiah Administrasita' Vol. 11 No. 2 (2020): Edisi Desember
Publisher : Program Studi Administrasi Publik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47030/administrasita.v11i2.35

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pemerintah daerah dalam pembinaan usaha kecil menengah khususnya kelompok usaha pandai besi di Kelurahan Alehanuae Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah kelompok usaha pandai besi di Kelurahan Alehanuae Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai, pembinaan kelompok usaha dalam meningkatkan sumber daya manusia, dengan melakukan pendampingan dan memberikan bantuan fasiltas. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan untuk mengetahui peran pemerintah daerah dalam pembinaan usaha mikro kecil dan menengah khususnya kelompok pandai besi di Kelurahan Alehanuae Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai, maka peneliti menyimpulkan bahwa peran pemerintah dalam melakukan pembinaan yang dilakukan oleh Dinas Perdagangan, Perindustrian Energi dan Sumber Daya Mineral sudah berjalan dengan baik dan sangat bermanfaat namun secara aplikatif serta hasil yang dicapai pasca pelaksanaan pembinaan melalui kegiatan pelatihan, magang atau studi banding, pendampingan dan pemberian bantuan peralatan produksi belum sepenuhnya mencapai hasil yang optimal.
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMBINAAN PEDAGANG KAKI LIMA DI KECAMATAN WAJO KOTA MAKASSAR Bachtiar Bachtiar
Jurnal Ilmiah Administrasita' Vol. 11 No. 2 (2020): Edisi Desember
Publisher : Program Studi Administrasi Publik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47030/administrasita.v11i2.36

Abstract

Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah :Untuk menjelaskan bagaimana implementasi kebijakan pembinaan pedagang kaki lima yang diterapkan oleh pemerintah kota Makassar di kawasan Makassar Mall kecamatan Wajo kota Makassar dan Untuk menjelaskan faktor-faktor determinan yakni faktor komunikasi, sumber daya, sikap para pelaksana kebijakan baik aparat pemerintah kota / instansi terkait maupun pedagang kaki lima sendiri serta struktur birokrasi yang mempengaruhi implementasi kebijakan pembinaan pedagang kaki lima di kecamatan Wajo kota Makassar. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif dengan kombinasi pendekatan kualitatif dan kuantitatif,. Adapun Jenis penelitian yang digunakan adalah survey. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh pedagang kaki lima yang beroperasi di Makassar Mall kecamatan Wajo khususnya yang resmi tercatat pada Dinas Pasar kota Makassar. Sampel yang ditetapkan dari populasi menggunakan teknik Cluster  Sampling (sampel gugus bertahap), Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan cara :Observasi, ,Kuesioner terstruktur Wawancara, Dokumentasi, Data yang terkumpul dari hasil penelitian, akan diseleksi dan selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif-kuantitatif. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif dengan kombinasi pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Adapun Jenis penelitian yang digunakan adalah survey. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh pedagang kaki lima yang beroperasi di Makassar Mall kecamatan Wajo khususnya yang resmi tercatat pada Dinas Pasar kota Makassar. Sampel yang ditetapkan dari populasi menggunakan teknik Cluster  Sampling (sampel gugus bertahap), Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan cara :Observasi, ,Kuesioner terstruktur Wawancara, Dokumentasi, Data yang terkumpul dari hasil penelitian, akan diseleksi dan selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif-kuantitatif. Implementasi kebijakan pembinaan pedagang kaki lima sudah tergolong cukup berhasil dilaksanakan oleh pemerintah kota untuk memberikan pembinaan kepada pedagang kaki lima yang melakukan aktifitas usahanya. Secara umum faktor komunikasi, sumber daya, struktur birokrasi dan sikap pemerintah kota serta sikap pedagang kaki lima mempunyai pengaruh secara determinan tergolong sudah cukup mendukung terhadap berhasilnya implementasi kebijakan pembinaan pedagang kaki lima yang dilaksanakan pemerintah kota dalam wilayah kecamatan Wajo kota Makassar. Meskipun masih relatif terbatas sumber dana operasional dan fasilitas pelayanan publik yang dimiliki pemerintah kota untuk melaksanakan kebijakan pembinaan pedagang kaki lima di lapangan.
EFEKTIFITAS BELAJAR DARING MAHASISWA PADA STIA ALAZKA AMBON David O Roos
Jurnal Ilmiah Administrasita' Vol. 12 No. 1 (2021): EDISI JUNI 2021
Publisher : Program Studi Administrasi Publik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47030/administrasita.v12i1.37

Abstract

Awareness of the Covid 19 pandemic has made all aspects of human life change drastically, this can be seen in changes in the lifestyle of humans which can be seen from their daily activities. The habit of acting before the Covid 19 pandemic is different from the habits that occurred after the emergence of the Covid 19 pandemic which can be seen from the various ways that were taken to prevent the transmission of this Covid outbreak. Therefore, through this study the author tries to find the effectiveness of online learning in students with various benefits and obstacles. Online lectures have various impacts on students' abilities. E Learning becomes a reference for the government to prevent and overcome transmission. The phenomenon of changing behavior and habits is the focus of research on the effectiveness of student online learning.
FUNGSI KOORDINASI BAPPEDA DALAM MENUNJANG PELAKSANAAN OTONOMI DAERAH DI KABUPATEN HALMAHERA SELATAN Bachtiar Bachtiar
Jurnal Ilmiah Administrasita' Vol. 12 No. 1 (2021): EDISI JUNI 2021
Publisher : Program Studi Administrasi Publik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47030/administrasita.v12i1.38

Abstract

Dengan kapasitas pemerintah yang tidak optimal, disebabkan oleh kuatnya kendali pemerintah pusat dalam pengembalian keputusan melalui berbagai pedoman dan petunjuk pelaksanaan yang sangat rinci dan tidak refleksi (bingung). Hal ini dipengaruhi oleh adanya keengganan beberapa instansi Pemerintah Pusat untuk mendelegasikan kewenangan, menyerahkan tugas dan fungsi pelayanan, pengaturan perizinan, pengelolaan sumber daya keuangan daerah. Seluruh upaya harus dilakukan untuk mencapai tujuan negara atau bangsa yang ditentukan sangat memerlukan perencanaan yang baik. Hal ini menurut pemerintah hendak menjalankan kegiatan-kegiatannya, perencanaan pembangunan ini sangat penting dalam rangka menunjang pelaksanaan Otonomi Daerah dan untuk mewujudkan cita-cita reformasi yang telah digulirkan pada tahun 1998. oleh karena itu, Bappeda sebagai Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dituntut memiliki kemampuan mengenai fungsi koordinasi, yang memadai agar dapat menunjang pelaksanaan otonomi daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi koordinasi Bappeda dalam menunjang pelaksanaan otonomi daerah di Kabupaten Halmahera Selatan Propinsi Maluku Utara. Hasil penelitaian ini menunjukan bahwa dalam hal pelaksanaan koordinasi Bappeda, sebagaimana dicermati namun masih kurang dalam mengimplementasi kebijakan sehingga terdapat keluhan dalam pelaksanaannya.Fungsi koordinasi Bappeda dalam pelaksanaan otonomi daerah di Kabupaten Halmahera Selatan masih terdapat kekurang serasian, dalam pelaksanaan koordinasi baik berupa rapat-rapat masih tidak sesuai dengan waktu yang direncanakan dan juga keterlibatan lembaga-lembaga atau dinas-dinas yang ada di Kabupaten Halmahera Selatan belum optimal sehingga hubungan kerja masih kurang efektif. Faktor-faktor yang mempengaruhi fungsi koordinasi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Halmahera Selatan seperti profesionalisme pegawai, sarana dan prasarana, data dan informasi, serta mekanisme pelaksanaan perencanaan sangat berpengaruh dalam kinerja Bappeda Kabupaten Halmahera Selatan ke depa
KETERLIBATAN AKTOR INTERNASIONAL NON NEGARA DALAM MEMPENGARUHI ISU LINGKUNGAN DI INDONESIA Danang Eko Prastya; Abitassha Az Zahra
Jurnal Ilmiah Administrasita' Vol. 12 No. 1 (2021): EDISI JUNI 2021
Publisher : Program Studi Administrasi Publik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47030/administrasita.v12i1.40

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui keterlibatan peran aktor internasional non negara dalam gerakakan social movement yang berkaitan dengan isu lingkungan di Indonesia. Metode penelitian menggunakan kualitatif dengan analysis social networking untuk melihat pola komunikasi dalam #Tolak PLTU Batang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan fitur Ncapture pada NVivo 12 Plus dengan mengcapture beberapa user Twitter dengan peringkat tertinggi. Analysis Data dengan menggunakan fitur Cluster Analysis pada NVivo 12 Plus untuk melihat correlation antara pengguna Twitter User teratas dalam pola komunikasi #TolakPLTUBatang. Hasil penelitian menunjukan terdapat beberpa akun bodong yang terlibat dalam jejaring pola komunikasi sosial dalam #TolakPLTUBatang yang ternyata memiliki pola relasi dengan komunitas GreenpeaceID. Sebagai komunitas lingkungan yang menjadi aktor terdepan gerakan social movement penolakan pembangunan PLTU Batang penggiringan opini publik menggunakan beberapa akun bodong untuk kemudian semakin membuat masyarakat tergiring dalam gerakan social movement tersebut. Dapat dilihat dalam jejaring sosial tersebut bahwa 50% lebih pengguna user Twitter peringkat teratas merupakan akun bodong. Oleh sebab itu, aktivititas cyber activism melalui pemberian informasi yang menyangkut isu global seperti isu lingkungan mejadi alasan para internasional aktor non negara ini ikut terlibat dalam menyuarakan isu tersebut.
PENINGKATAN PELAYANAN ADMINISTRASI DAN PUBLIKASI PARIWISATA Bahar Bahar; Amiruddin Amiruddin
Jurnal Ilmiah Administrasita' Vol. 10 No. 2 (2019): Edisi Desember
Publisher : Program Studi Administrasi Publik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47030/administrasita.v10i2.57

Abstract

Sinjai bukanlah tujuan wisata utama di Sulawesi Selatan, namun daerah ini memiliki beragam destinasi unik yang menarik untuk dikunjungi, mulai dari wisata alam, cagar budaya, tempat bersejarah, kuliner khas, tempat romantis, area bermain anak hingga spot foto hits kekinian yang instagramable. Jika ingin mengagendakan liburan keluarga di Sinjai, maka tidak perlu khawatir. Karena Sinjai memiliki objek wisata pilihan dengan keindahan alam yang mengagumkan, bisa berselfie ria di Bamboo Village, nongkrong asik malam hari di Bukit Pelangi, hunting foto kekinian di Bukit Vandiam, hingga menikmati suasana camping di Taman Hutan Raya (Tahura) Abdul Latif. Tidak hanya itu, beberapa lokasi air terjun tersembunyi hingga wisata bahari berupa daerah kepulaun yang bisa eksplore lebih lanjut di Sinjai sehingga perlu dilakukan pembenahan pada proses pelayanan administrasi dan publikasi oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelayanan administrasi dan publikasi yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. Metode Penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang bersifat deskriptif. Peneliti akan menjelaskan permasalahan penelitian secara rinci, yaitu proses pelayanan administrasi dan publikasi dan faktor-faktor yang mempengaruhinnya. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi langsung terhadap objek penelitian dan wawancara mendalam (in-depth interview) terhadap narasumber Pengolahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara mengklasifikasikan data berdasarkan beberapa tema sesuai dengan fokus penelitian. Tahap terakhir yaitu analisis dan penyajian data. Hal ini dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data (data display) dalam bentuk teks naratif dan tabel kemudian dilakukan penarikan kesimpulan dan verifikasi.

Page 1 of 15 | Total Record : 147