Phronesis: Jurnal Teologi dan Misi
Vol. 4 No. 1 (2021): Phronesis: Jurnal Teologi dan Misi

PENTINGNYA KONTEKSTUALISASI PADA PENDIDIKAN KRISTEN

Donna Mutiara Nainggolan (Unknown)
Nehemia Nome (Unknown)
Ridolf S.Th. Manggoa (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang pendidikan Kristen. Secara khusus mencoba meneliti pentingnya pendidikan kristen didesain secara kontekstual. Supaya lebih efektif bagi tercapainya tujuan pendidikan Kristen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan spesifik kepada kajian pustaka. Melalui pendekatan tersebut, peneliti memperoleh beberapa kesimpulan. Pertama, pendidikan kristen harus didesain secara kontekstual guna memudahkan peserta didik memahami dan mengerti setiap konten yang diajarkan di dalamnya. Kedua, Yesus adalah sang guru yang Agung yang juga mengajar secara kontekstual. Ketiga, pendidikan kristen yang kontekstual dipahami dalam beberapa prinsip penting, yakni: (1) pendidikan Kristen harus diterapkan sesuai dengan gaya dan strategi mengajar mengajar Yesus, (2) pendidikan Kristen harus disesuaikan dengan situasi era industri 4.0, (3) pendidikan Kristen harus dapat diterima oleh setiap lapisan usia, (4) pendidikan Kristen tidak boleh kaku namun harus dinamis, implementatif, dan aplikatif, dan (5) pendidikan Kristen harus memberikan transformasi atau perubahan yang radikal.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

phr

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

Jurnal ini berisi tentang Teologi dan Misi dalam pelayanan dan pengajaran Dosen SETIA Jakarta. Penerbitan jurnal ini diharapkan dapat mengakomodir Penelitian,pengabdian dan pelayanan Masyarakat bagi dosen Sekolah Tinggi Theologia Injili Arastamar Jakarta. Dengan demikian tuntutan Tridarma Perguruan ...