MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 7, No 2 (2020): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA

ANALISIS PENANAMAN NILAI DEMOKRASI DAN TANGGUNGJAWAB DALAM PEMEBELAJARAN MATEMATIKA SMP KELAS VIII

Athoillah Athoillah (Unknown)
Erni Puji Astuti (Unknown)
Puji Nugraheni (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2020

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendisripsikan penanaman nilai demokrasi dan tanggungjawab dalam pembelajaran matematika SMP kelas VIII. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah seorang guru matematika SMP kelas VIII. Teknik pengambilan subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling.  Metode pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara tidak terstruktur. Tahapan dalam menganalisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan penanaman nilai demokrasi dalam pembelajaran matematika kelas VIII dilakukan dengan memberikan hak siswa berupa kebebasan dalam mengembangkan penyusunan algoritma penyelesaian masalah yang diberikan. Penanaman nilai tanggungjawab ditanamkan dengan menanyakan argumen siswa terkait penyususnan algoritma penyelesaian masalah yang digunakan.Kata-kata kunci: Nilai Demokrasi, Nilai Tanggungjawab, Penanaman. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (e-ISSN 2579-4647 dan p-ISSN 2355-3782) merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan matematika dan ...