MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 7, No 1 (2020): MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA SMP KELAS VIII DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN OPEN ENDED

Rizaldy Firdaus (Unknown)
Wayan Suciadi (Unknown)
Luvy Sylviana Zanthy (Unknown)
Wahyu Hidayat (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2020

Abstract

Abstrak:Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan pemecahan masalah matematik siswa dengan menggunakan pendekatan open ended. Metode penelitian ini dengan metode eksperimen dimana penulis menggunakan dua kelas, dengan kelas eksperimen dan kontrol. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Plus YPP Darussurur sedangkan sampelnya kelas VIII C dan VIII A. Data penelitian meliputi peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa sebelum dan setelah menerapkan pendekatan open ended. Data dikumpulkan berdasarkan observasi, catatan di lapangan, istrumen berupa 5 butir tes soal uraian pemecahan masalah matematik. Pengujian dilakukan dengan uji t. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa penggunaan pendekatan open ended dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa  kelas VIII SMP  Plus YPP Darussurur Kata Kunci : pendekatan open ended, pemecahan masalah

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (e-ISSN 2579-4647 dan p-ISSN 2355-3782) merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan matematika dan ...