MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 6, No 2 (2019): MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

STRATEGI LEARNING START WITH A QUESTION DAN QUESTION STUDENT HAVE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Dazrullisa Dazrullisa (Unknown)
Sumiati Waruwu (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2019

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa menggunakan strategi Learning Start With A Question dan strategi pembelajaran Question Student Have pada materi logika matematika di kelas X SMAN 1 Kuala. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuntitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Kuala tahun pelajaran 2018/2019 yang terdistribusi dari tiga kelas yaitu X MIA1, X MIA2 dan X IIS1. Pengambilan sampel menggunakan proposive sampling dan didapat sampel yaitu kelas X MIA1 Sebagai kelas eksperimen Imenggunakan strategiLearning Start With A Question dan kelas X MIA2 sebagai kelas eksperimen II menggunakan strategiQuestion Student Have. Instrumen tes yang di gunakan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan tes berbentuk essay. Hasil perhitungan uji hipotesis yang didapat adalah Thitung 39.197 ≥Ttabel  1.685, maka Ha yang berbunyi Terdapat perbandingan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi Learning Start With A Question dan Question Student Have pada materi logika matematika kelas X SMAN 1 Kuala, dinyatakan diterima, H0 ditolak. Kata kunci:Learning Start With A Question dan Question Student Have, Hasil Belajar Siswa, Logika Matematika.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (e-ISSN 2579-4647 dan p-ISSN 2355-3782) merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan matematika dan ...