Soedirman Economics Education Journal
Vol 3 No 1 (2021)

PENGARUH MOTIVASI, GAYA BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMKN 1 GEGER

Supri Wahyudi Utomo (Universitas PGRI Madiun)
Sanita Oktari Andriyani (Universitas PGRI Madiun)
Liana Vivin Wihartanti (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh motivasi, gaya belajar serta lingkungan sekolah sebagai variabel terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Peneliti mengumpulkan data dari penyebaran kuesioner (Primer) kepada sampel sebanyak 76 siswa, serta data daftar nilai siswa (Sekunder). Kuesioner ini di uji dengan uji validitas dan uji reabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi, gaya belajar serta lingkungan sekolah terdapat pengaruh yang signifikan dan positif terhadap hasil belajar. Uji f menunjukkan bahwa motivasi, gaya belajar dan lingkungan sekolah terdapat pengaruh yang signifikan dan simultan terhadap hasil belajar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

seej

Publisher

Subject

Education

Description

Soedirman Economics Education Journal offers publication articles about learning methods, education technology, learning evaluation, learning design, innovation in learning, and learning media emphasizing local wisdom. Submitted articles can be in the form of research results or literature studies. ...