Soedirman Economics Education Journal
Vol 3 No 1 (2021)

PENGARUH STUDENT ENGAGEMENT DAN KEMAMPUAN LOGIS MATEMATIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR DIMODERASI PERSEPSI KOMPETENSI GURU

Mohamad Arief Nurdiansyah (Studet)
Siti Zulaikha Wulandari (Universitas Jenderal Soedirman)
Ratno Purnomo (Universitas Jenderal Soedirman)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2021

Abstract

Keberhasilan belajar berasal dari Faktor internal yaitu student engagement dan kemampuan logismatematis serta faktor eksternal yaitu kompetensi guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisispengaruh pengaruh student engagement, kemampuan logis matematis, dan persepsi mengenai kompetensiguru terhadap prestasi belajar yang memoderasi pengaruh student engagement dan kemampuan logismatematis terhadap prestasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenispenelitian eksplanatori menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini berasal dari kelas XIIPA dan XI IPS dengan jumlah 128 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan randomsampling dengan alokasi proporsional. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda, regresimoderasi, uji F, dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan (1) keterlibatan peserta didik berpengaruh positifdan signifikan terhadap prestasi belajar (2) kemampuan logis matematis berpengaruh positif dansignifikan terhadap prestasi belajar (3) persepsi mengenai kompetensi guru berpengaruh positif dansignifikan terhadap prestasi belajar (4) persepsi mengenai kompetensi guru memoderasi pengaruhketerlibatan peserta didik terhadap prestasi belajar (5) persepsi mengenai kompetensi guru memoderasipengaruh kemampuan logis matematis terhadap prestasi belajar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

seej

Publisher

Subject

Education

Description

Soedirman Economics Education Journal offers publication articles about learning methods, education technology, learning evaluation, learning design, innovation in learning, and learning media emphasizing local wisdom. Submitted articles can be in the form of research results or literature studies. ...