Jurnal Teknologi dan Desain
Vol. 2 No. 1 (2020): Jurnal Teknologi dan Desain

Strategi Pembelajaran dalam Kelas Pemrograman Arsitektur

Bangun Indrakusumo Radityo Harsritanto (Universitas Diponegoro)
Hermin Werdiningsih (Universitas Diponegoro)
Satrio Nugroho (Universitas Diponegoro)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2020

Abstract

Proses pembelajaran kelas dalam pendidikan arsitektur mengalami perubahan dan perkembangan pada tiap semesternya. Perkembangan tersebut dilakukan untuk menyesuaikan dengan perubahan yang sedang terjadi di dunia. Pendekatan afektif, kognitif, psikomotorik pada proses pembelajaran memerlukan pemrograman berupa rencana pembelajaran semester maupun rencana pengembangan kurikulum ke depannya. Tidak terkecuali mata kuliah yang mengajarkan tentang pemrograman dalam dunia arsitektur itu sendiri. Riset tentang proses pembelajaran kelas ini bertujuan untuk memaparkan tentang strategi pembelajaran kelas (berupa harapan kuliah, metode pembelajaran dan tindakan penilaian) yang dilakukan selama 2 (dua) tahun oleh penulis sehingga temuan dan hasil riset ini dapat digunakan untuk perbaikan dan model pembelajaran dalam kelas pendidikan arsitektur. Metode pembahasan deskriptif dari hasil kuesioner dan wawancara digunakan pada penelitian ini. Hasil riset ini menemukan bahwa adanya ketidaksiapan mahasiswa untuk menjalani pendidikan arsitektur dan rendahnya standar penulis dalam memprogram perkuliahan selama ini.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jtd

Publisher

Subject

Arts Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Engineering Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Teknologi dan Desain (JTD) published twice in a year. The articles can be product of researches, scientific thoughts or case study, in engineering scope and design scope. The articles do not representate politics, commercialism, and subjectivity unsure. This journal contains articles of ...