E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Vol 11, No 3 (2020): E-DIMAS

Implementasi Bank Sampah Jelun (BSJ) sebagai Alternatif Solusi Permasalahan Sampah Desa Jelun Banyuwangi

Intan Ayu Kusuma Wardani (Study Programs Public Health, Faculty of Public Health, Banyuwangi Campus, Universitas Airlangga)
Bintang Aji Pangestu (Study Programs Public Health, Faculty of Public Health, Banyuwangi Campus, Universitas Airlangga)
Rahmasuciani Putri (Study Programs Public Health, Faculty of Public Health, Banyuwangi Campus, Universitas Airlangga)
Ayik Mirayanti Mandagi (Department of Epidemiology, Faculty of Public Health, Banyuwangi Campus, Universitas Airlangga)
Septa Indra Puspikawati (Department of Public Health Nutrition, Faculty of Public Health, Banyuwangi Campus, Universitas Airlangga)



Article Info

Publish Date
17 Sep 2020

Abstract

Permasalahan yang selalu berkembang seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk di Indonesia ialah sampah. Semakin banyak barang yang dikonsumsi oleh masyarakat maka akan semakin meningkatkan volume sampah. Belum adanya kebijakan khusus yang tegas terhadap sampah, sistem dari Tempat Pembuangan Akhir yang kurang memadai, kurangnya kesadaran masyarakat dalam meminimalkan jumlah sampah ialah permasalahan yang terjadi di Indonesia. Desa Jelun merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Banyuwangi dengan masalah sampah yang tergolong masih tinggi dan belum mendapatkan pemecahan masalah yang sesuai. Maka dari itu perlu dilakukan sebuah upaya kegiatan dengan tujuan peningkatan pengetahuan dan keterampilan pada masyarakat dalam hal pengelolaan sampah. Dimana dalam hal ini dibentuklah program pemberdayaan masyarakat berupa Bank Sampah melalui adanya serangkaian sosialisasi dan pelatihan. Setelah Bank Sampah dijalankan, hasil yang dapat diperoleh dari pengabdian masyarakat ini ialah kemandirian masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan sampah dengan peningkatan kemampuan dan keterampilan dalam melakukan pengelolaan sampah di wilayahnya serta dapat memberikan keuntungan secara finansial untuk keluarganya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

e-dimas

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat), dengan nomor ISSN 2087-3565 (cetak) dan ISSN 2528-5041 (online) adalah jurnal multidisiplin ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas PGRI Semarang. Jurnal E-Dimas merupakan jurnal yang ...