Ekonam : Ekonomi, Akuntansi dan Manajemen
Vol 3 No 1 (2021): Februari 2021

Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Kopi Serampas

Nopisari Nopisari (Universitas Jambi)
Musnaini Musnaini (Universitas Jambi)
Wiara Sanchia Grafita Ryana Devi (Universitas Insan Cendekia Mandiri)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

The competition of coffee in the current era of globalization is increasingly competitive, especially in coffee in Indonesia. Serampas coffee as one of the leading new coffees in Indonesia, has difficulty in controlling the coffee market segment. This can be seen from the 2015-2016 National coffee sales data examined by International Data Corporation Asia, Serampas coffee is in the tenth position of other coffee in Indonesia in coffee sales in Indonesia. The purpose of this study was to determine the effect of Brand Image and Product Quality on Interest in Buying Serampas Coffee Products in Bangko City. The sampling method uses non-probability sampling method with purposive sampling technique. The number of samples in this study amounted to 115 respondents of consumers of Serampas coffee in the City of Bangko, are users of Serampas coffee and know about Serampas coffee in the City of Bangko Statistical analysis methods consisting of, multiple linear regression analysis, simultaneous significant testing (F test), testing partial significance (t test), and analysis of determination coeficient. The results of this study indicate that the Brand Image variable has a significant positive effect on Purchase Interest and the Product Quality variable has a significant positive effect on Buy Interest. The results of quantitative analysis prove that the Brand Image (X1) variable has the greatest influence on Purchase Interest in Serampas coffee. Persaingan kopi di era globalisasi saat ini semakin kompetitif khususnya pada kopi di Indonesia kopi serampas sebagai salah satu kopi baru ternama di Indonesia, mengalami kesulitan dalam menguasai segmen pasar kopi. Hal ini dapat dilihat dari data penjualan kopi Nasional tahun 2015-2016 yang diteliti oleh Internasional Data Corporation Asia, kopi Serampas berada pada posisi ke sepuluh dari kopi lain nya yang ada di Indonesia dalam penjualan kopi di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Produk kopi Serampas di Kota Bangko.Metode pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 115 responden konsumen kopi Serampas di Kota Bangko, merupakan pengguna kopi Serampas dan tahu tentang kopi Serampas yang berada di Kota Bangko Metode analisis statistik yang terdiri dari, analisis regresi linier berganda, pengujian signifikan simultan (uji F), pengujian signifikan parsial (uji t), dan analisis koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Citra Merek berpengaruh positif secara signifikan terhadap Minat Beli dan variabel Kualitas Produk berpengaruh positif secara signifikan terhadap Minat Beli.Hasil analisis kuantitatif membuktikan bahwa variabel Citra Merek (X1) memberikan pengaruh paling besar terhadap Minat Beli pada kopi Serampas.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ekonam

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

EKONAM: Jurnal Ekonomi, Akuntansi dan Manajemen memuat artikel tentang studi, kajian dan hasil penelitian di bidang ekonomi, akuntansi dan manajemen. EKONAM menerapkan kebijakan double blind review dan diterbitkan dua tahun sekali pada Februari dan Agustus. EKONAM terbit pertama kali secara online ...