Cokroaminoto Journal of Primary Education
Vol. 3 No. 2 (2020): Mei - Oktober 2020

Profil Kemampuan Literasi Matematis Mahasiswa PGSD

M Rusli Baharuddin (Universitas Cokroaminoto Palopo)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mengidentifikasi secara menyeluruh gambaran profil kemampuan leterasi matematis mahasiswa. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa semester VII tahun akademik 2019/2020 pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Cokroaminoto Palopo. Mahasiswa dikelompokkan berdasarkan kemampuan awal tinggi, sedang, dan rendah. Kemudian diberikan tes yang telah diuji keabsahan dan kevalidannya. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang dilakukan maka memberikan kesimpulan profil kemampuan liteasi matematis mahasiswa berdasarkan kemampuan awal yang miliki. Kesimpulan profil kemampuan literasi yaitu (1) Mahasiswa berkemampuan awal tinggi mampu menuliskan jawaban secara tepat dan memberikan argumentasi yang berdasar/runut sehingga memenuhi indikator kemampuan literasi matematis level 4, (2) Mahasiswa berkemampuan awal sedang mampu menuliskan jawaban secara tepat, walaupun memberikan argumentasi berdasarkan penafsiran harfiah sehingga memenuhi indikator kemampuan literasi matematis level 2, dan (3) Mahasiswa berkemampuan awal rendah belum mempu menuliskan jawaban secara tepat, walaupun pilihan jawaban telah disertai argumentasi sehingga memenuhi indikator kemampuan literasi matematis level 1.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

cjpe

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

The focus of this journal is primary education, which covers related aspects such as students, teachers, teaching materials, evaluation and assessment, curriculum, and lesson ...