JURNAL CERDAS PROKLAMATOR
Vol 9 No 1 (2021): JURNAL CERDAS PROKLAMATOR

IMPLEMENTASI METODE PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR

Alfurqan Alfurqan (Universitas Negeri Padang)
M Tamrin (Universitas Bung Hatta)
Zulvia Trinova (UIN Imam Bonjol Padang)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2021

Abstract

Problem solving merupakan metode strategi yang mendorong siswa untuk berpikir dan memanfaatkan wawasan tanpa berfokus pada kualitas ide-ide mereka. Siswa diharapkan lebih aktif karena tidak hanya mendengarkan penjelasan guru, tetapi juga aktif memecahkan masalah yang mereka diskusikan, oleh karena itu seorang guru harus efektif memotivasi siswa untuk mencoba menyuarakan ide-idenya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan analisis data, yaitu secara metodis mencari dan mengumpulkan data dari wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi, serta penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini antara lain mengadopsi metodologi ilmiah dan pendekatan yang berpusat pada siswa untuk menerapkan strategi pemecahan masalah dalam pembelajaran PAI di SDN 06 Pancung Soal. Adanya komunikasi yang baik antara pengajar dan siswa, serta fasilitas pembelajaran yang sesuai, merupakan elemen yang mendukung penerapan teknik pemecahan masalah. Dari segi evaluasi kognitif, emosional, dan psikomotorik, sistem evaluasi penerapan teknik pemecahan masalah dalam pembelajaran PAI di SDN 06 Pancung Soal dilakukan sepanjang proses pembelajaran sampai dengan selesainya pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jcp

Publisher

Subject

Education Other

Description

1. Basic Education Curriculum Development. 2. Learning Mathematics, Science, Social Sciences, Citizenship, English Language, Indonesian Language, Islamic Education, Arts and local content in Basic Education. 3. Media and Instructional Technology in Basic Education. 4. Innovative and creative ...