Jurnal Jeumpa
Vol 5 No 2 (2018): Jurnal Jeumpa

PENGARUH METODE EKSPERIMEN DI LABORATORIUM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEL DI SMA NEGERI 5 LANGSA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

sofiyan sofiyan (Universitas Samudra)
Devi Wulandari (Universitas Samudra)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2018

Abstract

Metode eksperimen merupakan salah satu metode yang dapat digunakan oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran dimana siswa diberi kesempatan baik perorangan maupun kelompok untuk melakukan suatu percobaan, mengamati suatu objek dengan menggunakan cara yang teratur dan sistematis. Setiap proses percobaan yang dilakukan oleh siswa dievaluasi oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen di laboratorium terhadap hasil belajar siswa dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode eksperimen di laboratorium terhadap hasil belajar siswa pada materi sel di SMA Negeri 5 Langsa tahun pelajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian yang bersifat true eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/I kelas XI SMA Negeri 5 Langsa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling sehingga terpilih siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelas yang menggunakan metode eksperimen sebanyak 20 siswa dan siswa kelas XI IPA 4 sebagai kelas yang menggunakan metode konvensional sebanyak 23 siswa. Pengambilan data penelitian ini menggunakan teknik observasi dan tes. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh metode eksperimen di laboratorium terhadap hasil belajar siswa. Dengan dk = 42 maka thitung > ttabel yaitu 4,354 > 2,018, diperoleh pada taraf signifikan α = 0,05. Besarnya pengaruh metode eksperimen di laboratorium sebesar 4,354.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jempa

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Environmental Science Immunology & microbiology

Description

Jurnal Jeumpa merupakan artikel kajian bidang biologi baik yang bersifat Pendidikan Biologi dan Biologi Sains, yang diterbitkan secara berkala dua kali setiap tahun pada bulan Januari dan juni dengan 10 artikel/Nomor atau 20 artikel/Volume oleh Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas ...