Metode eksperimen merupakan salah satu metode yang dapat digunakan oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran dimana siswa diberi kesempatan baik perorangan maupun kelompok untuk melakukan suatu percobaan, mengamati suatu objek dengan menggunakan cara yang teratur dan sistematis. Setiap proses percobaan yang dilakukan oleh siswa dievaluasi oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen di laboratorium terhadap hasil belajar siswa dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode eksperimen di laboratorium terhadap hasil belajar siswa pada materi sel di SMA Negeri 5 Langsa tahun pelajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian yang bersifat true eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/I kelas XI SMA Negeri 5 Langsa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling sehingga terpilih siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelas yang menggunakan metode eksperimen sebanyak 20 siswa dan siswa kelas XI IPA 4 sebagai kelas yang menggunakan metode konvensional sebanyak 23 siswa. Pengambilan data penelitian ini menggunakan teknik observasi dan tes. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh metode eksperimen di laboratorium terhadap hasil belajar siswa. Dengan dk = 42 maka thitung > ttabel yaitu 4,354 > 2,018, diperoleh pada taraf signifikan α = 0,05. Besarnya pengaruh metode eksperimen di laboratorium sebesar 4,354.
Copyrights © 2018