Jurnal Jeumpa
Vol 6 No 1 (2019): Jurnal Jeumpa

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI SISTEM REGULASI KELAS XI MAN 2 LANGSA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

fitri yanti (universitas samudra)
Mawardi Mawardi (Universitas Samudra)
Elfrida Elfrida (Universitas Samudra)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2019

Abstract

Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) merupakan menyampaikan materi dengan menggunakan kelompok untuk menyatukan pikiran terhadap pertanyaan yang diajukan guru, lalu dijawab oleh siswa dari masing kelompok. Tujuan penelitian ini melihat penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem regulasi kelas XI MAN 2 Langsa Tahun Pelajaran 2018/2019. Untuk melihat bagaimana aktivitas siswa penerapan model Numbered Head Together (NHT) pada materi sistem regulasi kelas XI MAN 2 Langsa Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan eksperimen dengan desain one group pretest posttest design. Populasi penelitian siswa kelas XI MIA terdiri 4 kelas keseluruhan 108 siswa. Sampel penelitian teknik Cluster random sampling terpilih kelas XI MIA-1 berjumlah 27 siswa. Instrument pengumpulan data hasil belajar siswa menggunakan tes, instrumen pengumpulan data aktivitas siswa menggunakan lembar aktivitas siswa. Berdasarkan hasil penelitian terdapat peningkatan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada materi sistem regulasi kelas XI MIA-1 MAN 2 Langsa Tahun Pelajaran 2018/2019. Peningkatan hasil belajar sebesar 10,7. Aktivitas siswa penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada materi sistem regulasi kelas XI MIA-1 MAN 2 Langsa Tahun Pelajaran 2018/2019 diperoleh nilai rata-rata 80,12 kriteria baik. Kepada guru mata pelajaran Biologi untuk menerapkan model pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jempa

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Environmental Science Immunology & microbiology

Description

Jurnal Jeumpa merupakan artikel kajian bidang biologi baik yang bersifat Pendidikan Biologi dan Biologi Sains, yang diterbitkan secara berkala dua kali setiap tahun pada bulan Januari dan juni dengan 10 artikel/Nomor atau 20 artikel/Volume oleh Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas ...