Jurnal Jeumpa
Vol 7 No 2 (2020): Jurnal Jeumpa

PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DAN BAMBOO DANCING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 6 LANGSA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

devi suriyaningsih (universitas samudra)
Tri Mustika Sarjani (universitas samudra)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2020

Abstract

Pendidikan adalah suatu proses dalam rangka mempengaruhi siswa agar dapat menyesuaikan diri sebaik mungkin terhadap lingkungannya. Berdasarkan hasil observasi yang penulis lakukan di SMP Negeri 6 Langsa, diperoleh beberapa informasi bahwa terdapat beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar IPA. Beberapa permasalahan tersebut antara lain; kurangnya minat siswa dalam belajar IPA, kurangnya keaktifan siswa dalam belajar khususnya pembelajaran IPA, dan nilai hasil ujian IPA mata pelajaran biologi rata-rata 65 (enam puluh lima) rata-rata tersebut masih dibawah nilai KKM yaitu 75. Solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan membuat siswa aktif dalam belajar dengan menerapkan model talking stick dan model bamboo dancing dalam pembelajaran IPA. Tujuan penelitian untuk mengetahui adanya perbandingan model pembelajaran Talking Stick dan Bamboo Dancing terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 6 Langsa Tahun Pelajaran 2018/2019 dan untuk mengetahui seberapa besar perbandingan model pembelajaran Talking Stick dan Bamboo Dancing terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 6 Langsa Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode penelitian berupa quasy eksperimental design dengan populasi seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 6 Langsa yang berjumlah 73 siswa. Sampel yang terpilih dalam penelitian ini sebanyak dua kelas yaitu siswa kelas VII-2 yang berjumlah 23 siswa dan kelas VII-3 yang berjumlah 23 siswa. Instrumen penelitian berupa soal tertulis dalam bentuk pilihan ganda yang berjumlah 20 butir soal. Data dianalisis dengan menggunakan rumus statistik uji-t. Tidak terdapat perbedaan antara model pembelajaran talking stick dengan bamboo dancing terhadap peningkatan hasil belajar siswa di kelas VII SMP Negeri 6 Langsa tahun pelajaran 2018/2019. Besarnya hasil perbedaan antara model talking stick dengan model bamboo dancing terhadap peningkatan hasil belajar siswa di kelas VII SMP Negeri 6 Langsa adalah sebesar 1,1565.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jempa

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Environmental Science Immunology & microbiology

Description

Jurnal Jeumpa merupakan artikel kajian bidang biologi baik yang bersifat Pendidikan Biologi dan Biologi Sains, yang diterbitkan secara berkala dua kali setiap tahun pada bulan Januari dan juni dengan 10 artikel/Nomor atau 20 artikel/Volume oleh Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas ...