Jurnal Paradigma
Vol 7 No 1 (2019): April

MODEL DAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DAN MENYENANGKAN: Model & Strategi Pembelajaran

Hernik Khoirun Nisak (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2020

Abstract

Mengajar tidak hanya sekadar menyampaikan materi. Mengajar tidak pula cuma menghabiskan waktu di kelas dan mengajar bukan sebagai formalitas menjalankan tugas tentang seorang pendidik terhadap siswanya, akan tetapi mengajar mentransformasikan pengetahuan, sikap, ketrampilan. Gaya mengajar, model dan metode mengajar seorang pendidik juga menetukan keberhasilan materi yang akan di sampaikan kepada peserta didik. Belajar akan lebih berhasil bila bahan pelajaran sesuai dengan kebutuhan dan minat peserta didik, belajar akan lebih berhasil manakala muncul dari hati sanubari individu. Belajar yang di dorong oleh kemauan secara internal akan lebih memberikan hasil dari pada karena dorongan dari luar belajar karena kesadaran sangat membantu untuk mencerna materi pembelajaran. Dan kesemuanya itu ada pada manajemen pembelajaran dan di antaranya 1. Prinsip motivasi, 2. Prinsip perhatian, 3. Prinsip perhatian, 4. Prinsip persepsi, 5. Prinsip retensi. Dapatlah disimpulkan bahwa strategi pembelajaran merupakan suatu rencana tindakan (rangkaian kegiatan) yang termasuk juga penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya/ kekuatan dalam pembelajaran. Ini berarti bahwa di dalam penyusunan suatu strategi baru sampai pada proses penyusunan rencana kerja belum sampai pada tindakan , strategi disusun unruk mencapai tujuan tertentu.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

paradigma

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Paradigma fokus pada kajian Islam dengan berbagai perspektif antara lain pendidikan,budaya, sosial, filsafat, tasawuf, theologi, sejarah, seni dan lain - lain. pada mulanya jurnal ini didedikasikan hanya untuk para peneliti/pengkaji dan akademisi di bidang kajian Islam, namun kedepannya ...