Dimensi Matematika : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika
Vol 1 No 01 (2018): JURNAL DIMENSI MATEMATIKA

KESALAHAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNSAM DALAM MEMANIPULASI BENTUK ALJABAR PADA SOAL TEKNIK PENGINTEGRALAN MATA KULIAH KALKULUS INTEGRAL

muhammad Zaki (Unknown)
Khairatul Ulya (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan mahasiswa program studi pendidikan matematika FKIP UNSAM dalam memanipulasi bentuk aljabar pada soal integral. Penelitian ini penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Ada empat jenis kesalahan manipulasi aljabar yang dilakukan mahasiswa prodi pendidikan matematika FKIP UNSAM ; kesalahan pemindahan ruas 21.4%, kesalahan memanipulasi bentuk-bentuk pecahan 14.3 %, kesalahan memanipulasi bentuk pangkat, akar atau logaritama 19.6 %, dan kesalahan memanipulasi bentuk trigonometri 44.6 %. Jenis kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh siswa adalah jenis kesalahan memanipulasi bentuk trigonometri, yatu sebesar 44.6 % dan kesalahan paling sedikit adalah jenis kesalahan manipulasi bentuk-bentuk pecahan, yaitu sebesar 14.3%. Adapun faktor-faktor yang menyebabkan mahasiswa melakukan kesalahan dalam memanipulasi bentuk aljabar adalah mahasiswa terburu-buru, kurang teliti, kurang memahami konsep prosedural operasi hitung baik pada operasi pecahan maupun pada saat menyelesaikan sebuah persamaan, lupa sifat-sifat/bentuk trigonometri.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JDM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Dimensi Matematika menerbitkan naskah-naskah ilmiah bidang pendidikan dan pembelajaran matematika. Tulisan dapat berupa diseminasi hasil penelitian, telaah pustaka ilmiah yang komprehensif atau resensi dari buku ilmiah. Tulisan belum pernah dipublikasikan dan tidak sedang dipertimbangkan ...