OKARA: Jurnal Bahasa dan Sastra
Vol. 9 No. 1 (2015): OKARA: Jurnal Bahasa dan Sastra

Penerapan Metode Fonik Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Anak Usia Dini

Nina Khayatul Virdyna (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 May 2015

Abstract

Bahasa Inggris bukan hanya menjadi bahasa asing atau bahasa internasional yang dipelajari di sekolah mulai tingkat PAUD sampai tingkat berikutnya.Kecenderungan masyarakat akan penguasaan bahasa asing tersebut, membuat berbagai lembaga pendidikan saling berlomba membuat program yangmemasukkan Bahasa Inggris sebagai salah satu keahlian yang dikembangkan,khususnya bagi anak usia dini. Untuk itu, beberapa lembaga PAUD atau TK berlomba untuk memasukkan Bahasa Inggris dalam kurikulum mereka.Persoalannya adalah pelajaran Bahasa Inggris untuk PAUD menuntut penanganan khusus yang berbeda dengan pelajaran kepada kelompok umuryang lain. Metode fonik adalah tawaran model pembelajaran bahasa untuk anak usia dini dan dikembangkan dengan mengoptimalkan seluruhketerampilan berbahasa, menyimak, berbicara, menulis dan membaca. Metodeini menekankan pada pelajaran alfabet yang diberikan terlebih dahulu kepada anak-anak, mempelajari nama-nama huruf dan bunyinya. Setelah merekamempelajari bunyi huruf mereka akan mulai merangkum beberapa huruf tertentu untuk membentuk kata-kata.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

okara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The journal publishes research papers in the field of linguistics, literature, and language teaching, such as fundamentals of ELT, the sound of the word of the language, structure, meaning, language and gender, sociolinguistic, language philosophy, history of linguistic, origin/evolution, ...