El Midad : Jurnal Jurusan PGMI
Vol. 12 No. 1 (2020): Juni

MEMBANGUN KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD MUHAMMADIYAH KARANGBENDO: Pembelajaran tematik, kreativitas guru

Julrissani Julrissani (UIN SUNAN KALIJAGA)
Miptah Parid (UIN SUNAN KALIJAGA)
Noven Kusainun (UIN SUNAN KALIJAGA)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2020

Abstract

Artikel ini mengkaji tentang membangun kreativitas guru dalam pembelajaran tematik. Kreativitas guru dalam pembelajaran tematik diperlukan dalam tahap perencanaan, pelaksanaan, serta penilaian pembelajaran. Kreativitas dalam tahap perencanaan berarti berkaitan dengan penyusunan RPP. Kreativitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran berkaitan dengan penerapan pembelajaran tematik. Kreativitas guru dalam penilaian adalah berkaitan dengan pemilihan teknik pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi pustaka. Adapun kesimpulan dari penelitian ini mengenai cara yang dapat dilakukan untuk membangun kreativitas guru dalam pembelajaran tematik di SD Muhammadiyah Karangbendo adalah 1) mengembangkan sumber belajar dengan memanfaatkan lingkungan, objek yang terdekat dengan siswa, dan pengalaman siswa, 2) mengikuti kegiatan pembinaan dan pengembangan, seperti seminar, pelatihan, diklat, KKG, workshop, dan sebagainya, serta 3) melakukan penelitian, seperti studi kasus dan penelitian tindakan kelas.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

elmidad

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal elmidad mainly focuses on learning in Primary schools teacher education or primary school. Detailed scopes of articles accepted for submission to Jurnal elmidad are: Learning Theory Curriculum and Technology in Education School Management School Policy Teaching and ...