Jurnal Literasiologi
Vol 5 No 2 (2021): Jurnal Literasiologi

Metode Pendidikan Agama Islam dalam Hadis

Ali Musa Lubis (UIN Sulthan Thaha Syaifuddin Jambi)



Article Info

Publish Date
23 Apr 2021

Abstract

Artikel ini bertujuan mengangkat metode pendidikan dalam persfektif hadis Nabi Muhammad SAW. Dalam Islam diyakini bahwa Hadits Nabi adalah pedoman yang harus diikuti dalam semua aspek kehidupan. Mereka yang konsisten mengikuti hadis Nabi diyakini telah berada dijalan yang benar dan akan mendapat kebahagiaan di dunia dan akhirat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan penelaahan terhadap literatur, khususnya kitab-kitab hadis yang berhubungan dengan metode pendidikan yang digunakan Nabi, sedangkan analisis yang digunakan menggunakan metode analisis isi (Conten Analysis) Dalam hal ini penulis analisis terhadap prilaku Nabi yang terdapat pada kita-kitab hadis. Dari hasil penelitian ada bebrapa metode yang digunakan dalam mengajarkan ajarannya kepada para sahabat, yaitu : Metode Ceramah, metode Tanya jawab, metode pengulangan, metode demontrasi, metode eksprimen, metode pemecahan masalah, metode diskusi, metode pujian, metode pemberian hukuman

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

literasiologi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Mempublikasikan hasil diskusi literasi, penelitian literasi tentang ke-Indonesian; pendidikan, sosial dan budaya yang ada di Indonesia, atau pendidikan, sosial budaya Indonesia yang ada di dunia Internasional, suatu hal yang sangat menarik untuk memperkenalkan Indonesia ke seluruh dunia, dengan ...