Proses pemecahan masalah mahasiswa bergantung pada kemampuan kognitifnya. Kerangka kerja RECCE-MODEL merupakan salah satu inovasi kerangka kerja yang menetapkan arah dalam pembelajaran serta penilaian pengetahuan dan keterampilan berdasarkan pengembangan kognitif mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan kognitif mahasiswa menggunakan kerangka kerja RECCE-MODEL. Prosedur penelitian yang digunakan adalah 1) studi pendahuluan, 2) perencanaan, dan 3) pelaksanaan. Instrumen yang digunakan adalah lembar keterlaksaan pembelajaran dan tes. Hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran yang dilakukan menggunakan pendekatan RECCE yaitu Realistic, Educational, Contextual, Cognitive, dan Evaluate. Enam level kemampuan kognitif mahasiswa kecuali level 0 dideskripsikan berdasarkan hasil pekerjaan mahasiswa terhadap soal tes materi translasi yang diberikan setelah pembelajaran selesai. Tidak ada mahasiswa yang berada pada level 0 (tidak ada usaha), karena semua mahasiswa mencoba menyelesaikan permasalahan yang diberikan pada soal tes. Level 1 meanings ditunjukkan oleh mahasiswa mencoba menghubungkan konsep yang ada dan memahami makna dari masalah. Level 2 organize, mahasiswa mengidentifikasi strategi dalam menyelesaikan masalah. Pada level 3 develop, mahasiswa dapat merumuskan strategi dan variable dan mengembangkan strategi penyelesaian masalah. Level 4 execute, ditunjukkan oleh mahasiswa memeriksa strategi penyelesaian masalahnya. Level 5 terakhir yaitu link, mahasiswa melakukan refleksi terhadap solusi dan memberikan penafsiran solusi yang diperoleh.
Copyrights © 2021