Jurnal Desain
Vol 8, No 2 (2021): Jurnal Desain

Konsep City Branding dan Identifikasi Nilai Lokal pada Kota-Kota Indonesia dalam Mendukung Nation Branding Indonesia

Firmanda Satria (Institut Teknologi Bandung)
Fadillah Fadillah (Institut Teknologi Bandung)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2021

Abstract

Tiap negara memiliki strategi yang berbeda dalam menghadapi tantangan global. Nation branding adalah sebuah strategi yang banyak digunakan guna memberikan diferensiasi identitas diri sebuah negara di tengah panggung dunia yang semakin kompetitif, terutama terkait kekuatan kinerja ekonomi, aktivitas eksport-import, investasi dan pariwisata. Tidak berbeda dengan Indonesia, pemerintah mempublikasikan “Wonderful Indonesia” sebagai bagian dari nation branding untuk menguatkan diri di antara negara Asia lainnya. Mengingat Indonesia merupakan negara yang luas dengan keberaragaman budaya dan kekayaan alam, pemerintah melihat hal ini sebagai potensi yang sangat besar untuk mendukung nation branding tersebut. Pemerintah kemudian mengerahkan kota-kota lain untuk juga merancang city branding yang diharapkan mampu menguatkan nation branding itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk melihat tahapan perancangan city branding beberapa kota di Indonesia dan penggunaan identitas visual yang khas untuk turut menguatkan nation branding Indonesia. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara nara sumber dan telaah kajian pustaka terkait city branding beberapa kota, penelitian ini melihat tahapan yang dilakukan sebuah kota dalam merancang city branding, yang dalam hal ini diwakili oleh salah satu aspek city branding yaitu tagline kota dan logo kota. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa tahapan perancang city branding yang dilakukan kota-kota di Indonesia masih belum melalui tahapan yang terstandar terutama dalam hal pengikutsertaan masyarakat untuk ambil bagian dalam proses perancangan. Selain itu, tampak sudah adanya usaha pemerintah kota untuk menggunakan identitas visual kedaerahannya namun identitas tersebut belum menguatkan nation branding Indonesia.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Jurnal_Desain

Publisher

Subject

Arts

Description

Jurnal Desain focused to publish high-quality articles dedicated to all aspects of the latest outstanding research and developments include research reports, conceptual ideas, studies, theories, using the qualitative approach in Design and Visual Communications, Interior Design, Fashion Design, ...