Rasa Penghargaan diri (self esteem) dapat ditunjukkan dengan pengakuan dari guru atau teman sekelas yang menyebabkan respon yang berbeda-beda dari siswa. Tujuan penelitian ini adalah menemukan pencapaian Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis (KBKM) siswa dalam memecahkan masalah ditinjau dari self-esteem. Penelitian ini merupakan penelitian mix methods dengan desain sequential explanatory. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Kesatrian 1 Semarang Tahun Akademik 2017/2018. Subjek penelitian diambil dengan cara memilih 6 siswa berdasarkan tingkat self-esteem. Pengumpulan data dilakukan dengan kuosioner, observasi, tes, dan interview. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian KBKM siswa dengan self-esteem tinggi dalam memecahkan masalah dapat memenuhi indikator keaslian sedangkan pada siswa dengan self-esteem rendah belum dapat memenuhi indikator keaslian. Baik siswa dengan self-esteem tinggi maupun rendah untuk pencapaian indikator kelancaran, keluwesan, dan keterincian masing-masing siswa berbeda. Berdasarkan hasil penelitian perlu digali lebih lanjut alasan perbedaan pencapaian KBKM siswa dengan cara diberikan soal sejenis atau menambah subjek penelitian untuk masing-masing tingkat self-esteem.
Copyrights © 2020