Jurnal Didactical Mathematics
Vol 2, No 3 (2020)

Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis ditinjau dari Self Esteem

Intan Alifiani (STMIK Muhammadiyah Paguyangan Brebes)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2020

Abstract

Rasa Penghargaan diri (self esteem) dapat ditunjukkan dengan pengakuan dari guru atau teman sekelas yang menyebabkan respon yang berbeda-beda dari siswa. Tujuan penelitian ini adalah menemukan pencapaian Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis (KBKM) siswa dalam memecahkan masalah ditinjau dari self-esteem. Penelitian ini merupakan penelitian mix methods dengan desain sequential explanatory. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Kesatrian 1 Semarang Tahun Akademik 2017/2018. Subjek penelitian diambil dengan cara memilih 6 siswa berdasarkan tingkat self-esteem. Pengumpulan data dilakukan dengan kuosioner, observasi, tes, dan interview. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian KBKM siswa dengan self-esteem tinggi dalam memecahkan masalah dapat memenuhi indikator keaslian sedangkan pada siswa dengan self-esteem rendah belum dapat memenuhi indikator keaslian. Baik siswa dengan self-esteem tinggi maupun rendah untuk pencapaian indikator kelancaran, keluwesan, dan keterincian masing-masing siswa berbeda. Berdasarkan hasil penelitian perlu digali lebih lanjut alasan perbedaan pencapaian KBKM siswa dengan cara diberikan soal sejenis atau menambah subjek penelitian untuk masing-masing tingkat self-esteem.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

dm

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Mathematics Other

Description

The scope of scientific articles that can be published in Jurnal Didactical Mathematics are as follows: Mathematics Education and Teaching, Method / Model / Strategy for Learning Mathematics, Media and Multimedia Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in ...