Permasalahan yang dikaji yaitu: (1) apakah penggunaan pendekatan SAVI dapat meningkatkan aktivitas belajar apresiasi musik nusantara pada siswa kelas VIII SMPN 3 Silaut (2) apakah penggunaan pendekatan SAVI dapat meningkatkan hasil belajar apresiasi musik nusantara pada siswa kelas VIII SMPN 3 Silaut.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, observasi, dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi analisis data primer dan data sekunder.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pengamatan aktivitas menunjukkan pada siklus 1 aspek perhatian 12 anak skor tinggi, interaksi 13 anak skor tinggi, penugasan 14 anak skor tinggi dan kerjasama 13 anak skor tinggi. Pada siklus 2.1 aspek perhatian 15 anak skor tinggi, interaksi 15 anak skor tinggi, penugasan 17 anak skor tinggi dan kerjasama 16 anak skor tinggi. Pada siklus 2.2 aspek perhatian 22 anak skor tinggi, interaksi 21 anak skor tinggi, penugasan 23 anak skor tinggi dan kerjasama 23 anak skor tinggi. Sedangkan, pada siklus 1 ketuntasan siswa sebesar 50%. Pada siklus 2 pertemuan 1 ketuntasan siswa meningkat sebesar 69%. Pada Siklus 2 pertemuan 2 ketuntasan siswa mengalami peningkatan sebesar 92%. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa pendekatan SAVI dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar apresiasi musik nusantara. Kata Kunci: Pendekatan SAVI, Aktivitas, pembelajaran, hasil belajar, Apresiasi, dan Musik Nusantara
Copyrights © 2021