COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol 4, No 2 (2021)

PEMBELAJARAN ONLINE MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI PENGUKURAN SATUAN PANJANG DI KELAS II SD DALAM MASA PANDEMI COVID-19 DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PMR

Laras, Laras (Unknown)
Murni, Sukma (Unknown)
Widianto, Febri Restu (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pembelajaran online mata pelajaran matematika pada materi pengukuran satuan panjang di kelas II SD dalam masa pandemi covid-19 dengan menggunakan model pembelajaran PMR. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu 2 guru dan 24 siswa yang terbagi menjadi 4 siswa kemampuan tinggi, 4 siswa kemampuan sedang dan 4 siswa kemampuan rendah. Siswa tersebut berasal dari dua sekolah yang berbeda yang pertama dari SDN 04 Cibodas dan yang kedua dari SDIT Firdaus. Instrumen yang digunakan adalah RPP, kegiatan pembelajaran, bahan ajar berupa video, LKS, serta angket guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa skenario dan implementasi yang telah dilaksanakan guru sudah sesuai kegiatan pembelajaran; kesulitan-kesulitan dan kendala-kendala yang dihadapi guru, salah satunya sulit menjelaskan materi yang akan disampaikan; kesulitan-kesulitan dan kendala-kendala yang dihadapi siswa, yaitu kurang mengerti materi yang dijelaskan oleh guru; respon guru dan siswa terhadap pembelajaran online, banyak yang harus dipersiapkan sebelum pembelajaran online; RPP, LKS yang digunakan sudah baik dan sesuai dengan kurikukum yang berlaku serta bahan ajar yang digunakanpun cukup menarik bagi siswa dan bisa dipahami; dan upaya yang dilakukan guru agar pembelajaran online berjalan lebih yaitu dengan cara membuat bahan ajar yang menyenangkan bagi siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...