JURNAL BIOEDUCATION
Vol 7, No 2 (2020): Jurnal Bioeducation

Penerapan Buku Ajar Berbasis Search, Solve, Create and Share (SSCS) untuk Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan

Hifni Septina Carolina (Unknown)
Nasrul Hakim (Tadris Biologi IAIN Metro)
Tika Mayang Sari (Tadris Biologi IAIN Metro)
Asih Fitriana Dewi (Tadris Biologi IAIN Metro)
Tri Andri Setiawan (Tadris Biologi IAIN Metro)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2020

Abstract

Model Pembelajaran berbasis Search, Solve, Create & Share merupakan salah satu model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk belajar benda nyata di lingkungan sekitarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan buku ajar berbasis model pembelajaran berbasis Search, Solve, Create & Share untuk meningkatkan sikap peduli lingkungan. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain non ekuivalen grup control. Kelas terdiri dari 63 siswa, yaitu 32 siswa pada kelas eksperimen dan 31 siswa pada kelas control. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, kuisoner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap peduli lingkungan siswa termasuk dalam kategori cukup (kelas eksperimen) dan kategori kurang baik (kelas control). Hal ini menandakan ada pengaruh signifikan dari penggunaan SSCS pada sikap siswa

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

bioed

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Bioeducation adalah Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Pontianak yang diterbitkan secara berkala 2 (dua) kali dalam satu tahun (Februari dan Agustus) sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan di bidang pendidikan biologi ...