JUMAN Tools (Jurnal Manajemen Tools)
Vol 12 No 2 (2020): JUMANT

ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN KONSELOR DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN RESIDEN DI PANTI REHABILITASI NARKOBA AL KAMAL SIB

Toni Hidayat (Dosen Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muslim Nusantara Al -Washliyah)
Henny Andriyani Wirananda (Dosen Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muslim Nusantara Al -Washliyah)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas layanan konselordan word of mouth terhadap keputusan residen dalam menggunakan jasa panti rehabilitasinarkoba Al Kamal Sibolangit Center Sumatera Utara Populasi yang digunakan dalampenelitian ini adalah residen yang memakai jasa panti rehabilitasi Al Kamal Sibolangit CenterSumatera Utara. Sampel pada penelitian ini sebanyak 39 responden dan teknik yang digunakanadalah Non-probability Sampling dengan pendekatan Accidental Sampling. Data dalampenelitian ini menggunakan metode survey melalui kuesioner yang diisi oleh residen. Datadiperoleh dengan menggunakan analisis regresi berganda. Analisis ini meliputi uji validitas, ujireliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji hipotesis melalui uji t dan uji F, dananalisis koefisien determinasi (R2). Dari analisis regresi didapat persamaan sebagai berikut, Y= 8,222 + 0,291X1 + 0, 428X2 + e Variabel word of mouth memiliki pengaruh yang lebih besarterhadap keputusan residen dalam pemakaian jasa panti rehabilitasi yaitu sebesar 0,428, diikutidengan variabel kualitas pelayanan konselor sebesar 0,291. Hasil analisis menggunakan uji tdapat diketahui bahwa kedua variabel independen yaitu kualitas pelayanan konselor, word ofmouth secara parsial berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen yaitu keputusanresiden pemakaian jasa. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa kedua variabelindependen memang layak untuk menguji variabel dependen. Nilai Adjusted R Square adalahsebesar 0,635 yang berarti bahwa kemampuan variabel kualitas pelayanan konselor, word ofmouth dalam menjelaskan keputusan residen pemakaian jasa adalah sebesar 63,5% sehinggamasih ada sisa sebesar 36,5% memerlukan variabel lain yang tidak diteliti.Kata kunci: kualitas pelayanan, word of mouth, keputusan residen

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JUMANT

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Manajemen Tools adalah media publikasi Kajian Konseptual dan praktis berupa Telaah Teoretis maupun hasil-hasil penelitian empiris yang membahas bidang Manajemen. Terbit dua kali dalam setahun setiap bulan Juni dan Desember. Redaksi mengundang para akademisi, peneliti dan praktisi dibidang ...