Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 1 No 1: April 2021

Pemanfaatan Media Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Keterampilan Bercerita Pada Siswa Kelas III SDN 3 Pakisaji Kab. Malang

Vidia Septidear (Unknown)
M. A. R Thoha (PGSD FIP Universitas Negeri Malang)
Harti Kartini (PGSD FIP Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
18 Apr 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan dan hasil keterampilan bercerita siswa sekolah dasar kelas III melalui pemanfaatan media boneka tangan di kabupaten Malang, penelitian tindakan kelas menggunakan model siklus Kemmis & Tagart (1988). Subjek penelitian ini siswa kelas III SD Negeri Pakisaji 2 kabupaten Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dokumentasi, dan analisis data yang digunakan yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil tindakan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada keterampilan  bercerita siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembelajaran mengenai peningkatan keterampilan bercerita pada siswa kelas III SD Negeri Pakisaji 2 Kabupaten Malang rata-rata kemampuan bercerita siswa pada pratindakan diketahui 15 siswa yang tuntas dengan persentase 31,25%. Kemudian setelah melalui kegiatan pada siklus I diketahui 27 siswa yang tuntas dengan persentase 54,17%. Bagi guru disarankan untuk memanfaatkan media pembelajaran agar dapat menarik minat siswa. Bagi peneliti lain kegiatan bercerita dapat dicoba untuk diteliti pada aspek lain seperti menulis, menyimak dan membaca.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pendagogia

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar berfokus pada isu-isu utama dalam Belajar dan Pembelajaran, Penilaian dan Evaluasi, Metode Pembelajaran, Media Pembelajaran, konten pelajaran pengembangan di sekolah dasar (Bahasa Indonesia, Sains, IPS, Matematika, PPKn, Pendidikan Seni), Bimbingan dan Konseling, ...