cover
Contact Name
Heri Setiawan
Contact Email
heri_setiawan@unram.ac.id
Phone
+6285790315191
Journal Mail Official
pendagogia.ec3@gmail.com
Editorial Address
Educational Consultant & Counseling Career (EC3) Mataram Jln. Abd. Kadir Munsyi, Gg Dahlia No. 2, Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat Tel : (0370) 639650 ; Email: pendagogia.ec3@gmail.com Kode Pos. 83127
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar
ISSN : 27764109     EISSN : 27764095     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar berfokus pada isu-isu utama dalam Belajar dan Pembelajaran, Penilaian dan Evaluasi, Metode Pembelajaran, Media Pembelajaran, konten pelajaran pengembangan di sekolah dasar (Bahasa Indonesia, Sains, IPS, Matematika, PPKn, Pendidikan Seni), Bimbingan dan Konseling, Psikologi , dan Manajemen pendidikan dasar. Jurnal ini juga berisi hasil kajian dan penelitian di bidang Pendidikan Dasar di perguruan tinggi dan di pendidikan dasar pada umumnya. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar menerima artike terkait hasil kajian dan penelitian dosen, mahasiswa, guru, praktisi dan peneliti di bidang pendidikan dasar serta hasil kajian kepustakaan di bidang pengajaran di sekolah pendidikan dasar. Untuk kategori penelitian, artikel dapat ditulis menggunakan pendekatan kuantitatif, kualitatif, penelitian dan pengembangan (R&D) dan dapat dibuat dalam berbagai desain penelitian (penelitian aksi, eksperimen, korelasi, studi kasus, dll).
Articles 64 Documents
Pengaruh Pemanfaatan Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SDN 7 Ampenan Tahun Pelajaran 2019/2020 Dewi Rahmayanti; Safruddin Safruddin; Heri Setiawan
Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar Vol 1 No 1: April 2021
Publisher : Educational Consultant & Counseling Career (EC3) Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media kartu huruf terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SDN 7 Ampenan tahun pelajaran 2019/2020. Metode digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi experimen. Desain penelitian ini adalah non equivalent control group design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 7 Ampenan yang berjumlah 20 siswa dari masing-masing kelas yang terdiri kelas eksperimen dan kelas kontrol dan teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, tes unjuk kerja kemampuan membaca permulaan dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan t-test. Hasil analisis data diperoleh bahwa rata-rata kemampuan membaca permulaan siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh pemanfaatan media kartu huruf terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SDN 7 Ampenan. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan menggunakan uji t-test pada taraf kepercayaan 5% dengan hasil yaitu thitung = 2,870 > ttabel = 2,024. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan agar dapat mengembangkan materi apa saja yang cocok dengan media kartu huruf dalam proses pembelajaran.
Pemanfaatan Media Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Keterampilan Bercerita Pada Siswa Kelas III SDN 3 Pakisaji Kab. Malang Vidia Septidear; M. A. R Thoha; Harti Kartini
Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar Vol 1 No 1: April 2021
Publisher : Educational Consultant & Counseling Career (EC3) Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan dan hasil keterampilan bercerita siswa sekolah dasar kelas III melalui pemanfaatan media boneka tangan di kabupaten Malang, penelitian tindakan kelas menggunakan model siklus Kemmis & Tagart (1988). Subjek penelitian ini siswa kelas III SD Negeri Pakisaji 2 kabupaten Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dokumentasi, dan analisis data yang digunakan yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil tindakan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada keterampilan  bercerita siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembelajaran mengenai peningkatan keterampilan bercerita pada siswa kelas III SD Negeri Pakisaji 2 Kabupaten Malang rata-rata kemampuan bercerita siswa pada pratindakan diketahui 15 siswa yang tuntas dengan persentase 31,25%. Kemudian setelah melalui kegiatan pada siklus I diketahui 27 siswa yang tuntas dengan persentase 54,17%. Bagi guru disarankan untuk memanfaatkan media pembelajaran agar dapat menarik minat siswa. Bagi peneliti lain kegiatan bercerita dapat dicoba untuk diteliti pada aspek lain seperti menulis, menyimak dan membaca.
Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas V Gugus 3 Kecamatan Pujut Tahun Pelajaran 2019/2020 Sazalin Martanami; Khairunnisa Khairunnisa; Ilham S. Jiwandono
Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar Vol 1 No 1: April 2021
Publisher : Educational Consultant & Counseling Career (EC3) Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar PPKn siswa Kelas V Gugus 3 Kecamatan Pujut Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian jenis quasi experimental tipe non-equivalent control group design. Teknik pengambilan sampel pada penlitian ini menggunakan Teknik nonprobability sampling dengan jumlah sampel 54 siswa yang terbagi menjadi 2 kelas, yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kedua kelas diberikan pre-test untuk mengetahui kemampuan awal siswa, kemudian masing-masing kelas diberikan perlakuan berbeda. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan model Course Review Horay sedangkan kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional dan selanjutnya setiap kelas diberikan post-test. Hasil uji hipotesis yang menggunakan t-tes dengan bantuan SPSS versi 18 menunjukkan ada Pengaruh Model Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas V Gugus 3 Kecamatan Pujut tahun pelajaran 2019/2020, dengan hasil 3,612 > 2,007pada taraf signifikasn 5%. Sesuai dengan kaidah pengambilan keputusan uji hipotesis bahwa thitung > ttabel maka Ha diterima dan H0 ditolak.
Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Kelas V SD Gugus 3 Kecamatan Gunung Sari Lalu Deni Edwin; Ida B. K. Gunayasa; Heri Setiawan
Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar Vol 1 No 1: April 2021
Publisher : Educational Consultant & Counseling Career (EC3) Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari strategi DRTA (Directed Reading Thinking Activity) terhadap kemampuan   membaca   pemahaman   siswa   kelas   V   Gugus   3 Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain nonequivalent kontrol group. Penentuan sampel ini menggunakan Teknik Cluster Sampling (Sampel Area). Instrument yang  digunakan  yaitu  tes  objektif  pilihan  ganda  dengan  materi cerita anak untuk mengetahui kemampuan membaca pemahaman. Pada tahap uji hipotesis menggunakan uji-t untuk mengetahui perbedaan antara hasil awal dan akhir kelas eksperimen dan kelas kontrol. Apabila hasil lebih kecil dari taraf signifikansi 0.05 maka dipastikan adanya perbedaan kemampuan. Didapatkan hasil pretest kelas kontrol dan eksperimen sebesar 0.712. Hasil uji hipotesis posttest dari kelas kontrol dan eksperimen sebesar 0.000 menunjukkan adanya perbedaan kemampuan membaca pemahaman sebelum dan setelah adanya perlakuan. Maka disimpulkan bahwa ada pengaruh dari penggunaan strategi DRTA terhadap kemampuan membaca pemahaman.
Pengaruh Metode Learning Starts With A Question (LSQ) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Muatan Materi IPS Kelas V SDN 3 Jambesari Sulinanto
Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar Vol 1 No 1: April 2021
Publisher : Educational Consultant & Counseling Career (EC3) Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Learning Starts With A Question (LSQ) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada muatan materi IPS kelas V di SDN 3 Jambesari. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen tipe quasi eksperimen dengan jenis nonequivalent control group design. Dalam melaksanakan rancangan penelitian tersebut, penentuan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol ditentukan dengan uji kesetaraan dengan placement test. Skor pretest dan posttest kemampuan berpikir kritis siswa pada penelitian ini diuji dengan menggunakan uji kolmogorov-smirnov dan uji homogenitas menggunakan uji Levene. Melalui uji statistik tersebut diketahui bahwa taraf kepercayaan 95%, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan metode learning Starts With A Question (LSQ) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada muatan materi IPS kelas V di SDN 3 Jambesari dengan effect size sebesar 0,625. Hasil penelitian tersebut sesuai dengan teori-teori yang relevan yang menunjukkan bahwa metode Learning Starts With A Question (LSQ) mampu melatih kegiatan belajar yang menunjang perkembangan kemampuan berpikir kritis.
Analisis Kesalahan Berbahasa Tulis Pada Teks Narasi Siswa Kelas V Sdn 13 Manggelewa Kabupaten Dompu Ainun Cahyani; Nurul Kemala Dewi; Heri Setiawan
Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar Vol 1 No 1: April 2021
Publisher : Educational Consultant & Counseling Career (EC3) Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan berbahasa tulis pada teks narasi siswa kelas V SDN 13 Manggelewa Kabupaten Dompu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang sifatnya deskriptif yaitu data yang dianalisis tidak untuk menerima dan menolak hipotesis melainkan deskripsi dari gejala yang diamati. Objek dalam penelitian ini adalah teks narasi siswa kelas V SDN 13 Manggelewa sebanyak 10 buah. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dimana pengambilan sampel menggunakan pertimbangan tertentu. Teknik dalam pengumpulan data yaitu teknik triangulasi antara teknik wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan kesalahan pemakaian huruf kapital menjadi kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa yaitu sebanyak 88 kesalahan dengan persentase 46,56%. Kesalahan dalam pemakaian pemilihan kata/diksi menempati urutan kedua dengan jumlah kesalahan 58 dengan persentase 30,68%. Kesalahan penggunaan tanda baca khususnya tanda titik dan tanda koma masing-masing berjumlah 25 dan 18 kesalahan dengan persentase 13,23% dan 9,53%. Saran untuk guru yaitu memberikan pembelajaran yang baik dan kreatif khususnya dalam aspek penulisan. Selain itu untuk siswa diharapkan berlatih dengan bimbingan guru.
Hubungan Antara Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Alma Diliana; Heri Hadi Saputra; Heri Setiawan
Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar Vol 1 No 2: Agustus 2021
Publisher : Educational Consultant & Counseling Career (EC3) Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to find out the relationship between the ability to read understanding and the ability to understand the math story of grade V students at SDN 3 Midang, West Lombok Regency. This research is quantitative research with correlation method. The population in this study was all grade V students at SDN 3 Midang, which numbered 35 students. Sampling techniques use saturated sampling techniques where all populations are sampled, the method used for data retrieval is in the form of tests. The data obtained is then processed by product moment correlation analysis techniques. The results showed that there is a positive relationship between the ability to read understanding and the ability to understand the math story of grade V students at SDN 3 Midang, Gunung Sari Subdistrict, West Lombok Regency, which is shown by the results of the data using product moment correlation where > at a significance level of 5% namely 0.79 > 0.334, so that Ha is accepted and Ho rejected. This shows that there is a relationship between the ability to read understanding and the ability to understand the problem of the student's math story
Pengaruh Model Time Token Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SDN Prayitna Kecamatan Praya Mardhiyati Wira Hamdini; Khairunnisa Khairunnisa; Heri Setiawan
Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar Vol 1 No 2: Agustus 2021
Publisher : Educational Consultant & Counseling Career (EC3) Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research aims to discover the effect of Time Token on the speaking skill of fourth grade IV students of Prayitna Elementary School. The type of this research is experimental study with repeated treatment research design. The subject of this study is the fourth grade students of Prayitna Elementary School. The methods of data collection are observation and speaking skill test. The speaking skill test is used to gain the data related to the speaking skill of the students while the observation is used to obtain the compliance data done by the teachers. Then the data obtained were analyzed by using anova repeated measure’s formula in order to find out whether there is an effect of the storytelling method through media of picture to the speaking skill of the students. The result of this study shows the significant numbers in 0,000 and that means it is smaller than 0.05. This study implies that Ho is rejected and Ha is received. It can be concluded that the storytelling method that showed through the media of picture can give an effect to the speaking skill of fourth grade students of Prayitna Elementary School for 2020/2021 period.
Pengaruh Living Values Education Program Terhadap Penguatan Karakter Nasionalisme Runi Anggriani; Asrin Asrin; Ilham Syahrul Jiwandono
Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar Vol 1 No 2: Agustus 2021
Publisher : Educational Consultant & Counseling Career (EC3) Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to determine whether or not there is an effect of the Living Values ​​Education Program assisted by the Value Clarification Technique on increasing the nationalistic character of students in Civics learning at SDN Woro cluster for the academic year 2020/2021. This research is a Quasi Experimental Quantitative Research conducted at SDN Gugus Woro. The population of this study were all fifth grade students of SDN Gugus Woro, totaling 61 people. The sample of this research is SDN Inpres 1 Woro and SDN Inpres 2 Woro, totaling 21 people. The data collection technique in this study used a nationalism character questionnaire. The results of this study after the research hypothesis was tested by t-test obtained tcount = 3,406. While the value of ttable = 2.228. Based on the hypothesis testing criteria, if tcount > ttable then Ho is rejected and Ha is accepted, if tcount < ttable then Ho is accepted and Ha is rejected. Because tcount > ttable, Ho is rejected and Ha is accepted, meaning that the use of LVEP assisted by the VCT learning model has an effect on strengthening the nationalist character of fifth grade students at SDN Gugus Woro
Analisis Reflektif Tentang Presentasi Dan Diskusi Mahasiswa Pada Mata Kuliah Karya Tulis Ilmiah (KTI) Melalui Fitur Grup Whatsapp (WA) Di Masa Pandemi Covid-19 Fedik Novibriawan; Sa'dun Akbar
Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar Vol 1 No 2: Agustus 2021
Publisher : Educational Consultant & Counseling Career (EC3) Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this study is to (1) describe the implementation of lectures and the ease of use of the WhatsApp (WA) group feature as a medium for presentation and discussion among students, (2) and researchers want to know the level of effectiveness of presentations and discussions through the WhatsApp (WA) group feature. done by students. This study uses a qualitative descriptive design approach. The researcher gave a questionnaire to 37 students as respondents, the purpose of the questionnaire was to find information about student responses to the experience of the presentation and discussion process using the WhatsApp (WA) group feature. The results showed that the use of the WhatsApp (WA) group feature as a medium for presentations and discussions among students was considered effective (assignments, discussion processes and mid-semester exam scores) and easy to do. This can provide convenience and increase student activity in the presentation and discussion process. The way that can be done when the presentation process takes place is through the WhatsApp (WA) group feature, namely by including a link to the presentation video that has been made previously, then the discussion process can be carried out by typing responses in the comments column and can be done by recording a voice known as the voice note on the WhatsApp (WA) group feature.The purpose of this study is to (1) describe the implementation of lectures and the ease of use of the WhatsApp (WA) group feature as a medium for presentation and discussion among students, (2) and researchers want to know the level of effectiveness of presentations and discussions through the WhatsApp (WA) group feature. done by students. This study uses a qualitative descriptive design approach. The researcher gave a questionnaire to 37 students as respondents, the purpose of the questionnaire was to find information about student responses to the experience of the presentation and discussion process using the WhatsApp (WA) group feature. The results showed that the use of the WhatsApp (WA) group feature as a medium for presentations and discussions among students was considered effective (assignments, discussion processes and mid-semester exam scores) and easy to do. This can provide convenience and increase student activity in the presentation and discussion process. The way that can be done when the presentation process takes place is through the WhatsApp (WA) group feature, namely by including a link to the presentation video that has been made previously, then the discussion process can be carried out by typing responses in the comments column and can be done by recording a voice known as the voice note on the WhatsApp (WA) group feature.